Cara Mengecek Mental Health dan Jenisnya

IKLANKITA.ID - Kesehatan mental sama seperti kesehatan fisik, yang harus tetap anda jaga. Jika kondisi kesehatan mental anda terganggu, maka akan berakibat pada kondisi fisik anda. Sehingga, diperlukannya untuk mengecek kesehatan mental. Simak cara mengecek mental health berikut!

Kesehatan mental sangat berpengaruh pada kondisi fisik seseorang. Jika kondisi mental sudah terganggu, maka fisik dan kualitas hidup anda bisa menurun. Anda bisa dikatakan sehat secara mental jika anda merasa baik secara psikologis dan emosional.

Selain itu, faktor seperti kesejahteraan dan sosial juga bisa menjadi penentu kesehatan mental anda. Kondisi kesehatan mental dapat mempengaruhi cara befikir, bertindak, membuat keputusan dan berinteraksi. Sehingga, pentinganya untuk tes kesehatan mental sejak dini.

Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi mental anda. Bagi anda yang belum mengetahui cara mengecek mental health, maka simak tips artikel berikut ini!

Kenapa Kesehatan Mental Harus Dijaga?

Cek kesehatan mental tidak hanya berlaku bagi orang dewasa saja, anak-anak sampai remaja juga perlu loh! Bagi anda yang masih maksimal dalam melakukan aktivitasnya, bisa diartikan kesehatan mental anda sedang dalam kondisi yang baik.

Selain itu, kondisi mental yang sehat dapat berpengaruh dalam pola berfikir jika anda sedang mengahdapi sebuah masalah. Sehingga, anda bisa menjadi pribadi yang positif dan bijaksana dalam menyikapi masalah. Jika begini, maka kehidupan sosial andapun akan terjaga.

Dengan mental yang sehat, anda bisa berinteraksi, berkomunkasi dan berkontribusi bagi lingkungan maupun orang disekitar anda. Terbukti bahwa orang dengan mental yang baik memiliki risiko rendah terhadap penyakit.

Penyakit yang biasanya terpengaruh karena Kesehatan mental yang tidak sehat biasanya seperti jantung, stoke hingga diabetes. Jika anda rutin melakukan cek kondisi kesehatan mental, maka risiko penyakit tersebut akan berkurang.

Jenis Penyakit Mental

Penyakit mental biasanya terjadi karena beberapa faktor. Seperti, keturunan, pelecehan seksual, trauma dimasa lalu, pelecehan fisik, cedera otak sampai gaya hidup yang bisa berdampak pada mental anda. Sehingga, cara mengecek mental health diperlukan untuk mengetahui kondisinya.

Dilihat dari gejalanya, penyakit mental dibagi menjadi dua. Yaitu, penyakit mental Psikotik dan penyakit mental Nonpsikotik. Untuk tahu lebih lanjut, simak berikut ini!

1. Psikotik

Penyakit mental Psikotik sering disebut juga sebagai psikosis. Yaitu dimana kondisi seseorang yang mengalaminya tidak bisa membedakan antara kenyataan dan khayalan. Penderitanya sering mengalami halusinasi dan percaya pada hal yang bersifat delusi (tidak benar).

Berikut ini beberapa penyakit mental yang masuk dalam golongan psikotik: 

  • Gangguan bipolar 
  • Depresi berat 
  • Gangguan delusi (percaya pada hal yang tidak nyata) 
  • Skizofrenia

2. Nonpsikotik

Berbeda dengan penyakit mental psikotik, penyakit mental yang masuk dalam golongan nonpsikotik tidak membuat penderitanya mengalami delusi. Namun, akan berdampak pada perasaan dan cara berfikirnya yang berlawanan dengan norma dan hukum yang berlaku.

Penyakit mental yang masuk dalam golongan nonpsikotik adalah: 

  • Stress 
  • Trauma 
  • Depresi  
  • Gangguan kecemasan 
  • Fobia 
  • Panic attack 
  • OCD (Obsessive-Compulsive-Disorder)

Ada beberapa hal yang dilakukan sebagai cara mengecek mental health untuk mengetahui kondisi mentalnya. Tes Kesehatan mental ini bertujuan untuk mengetahui fungsi kognitif dan pengetahuan anda. Beberapa hal yang terlihat juga menjadi pemeriksaan dalam tes ini.

Beberapa hal tersebut meliputi penampilan, orientasi, ketrampilan Bahasa, memori, rentang perhatian dan masih banyak lagi. Untuk melakukan tes ini, banyak macamnya. Seperti tes kepribadin, bipolar sampai tes psikolog.

Untuk itu, cara mengecek mental health bisa dilakukan melalui beberapa cara berikut ini!

1. Tes MMPI

Tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui kepribadian dan psikopatologi anda. Tes ini dilakukan untuk mengetahui kondisi mental anda. tes ini juga biasanya dilakukan pada kasus criminal loh!

2. Tes Sehat Jiwa

Tes sehat jiwa biasanya dilakukan sebagai deteksi dini Kesehatan mental anda. Dalam tes ini, ada 3 tes deteksi dininya. CAGE untuk kecanduan alcohol, SRQ 20 untuk Kesehatan mental dan GDS 15 untuk skrining depresi usia lanjut.

3. Pemeriksaan Medis Kejiwaan

Cara mengecek mental health selanjutnya adalah tes pemeriksaan medis kejiwaan yang biasanya dilakukan langsung oleh dokter. Pemeriksaan jiwa yang rutin dilakukan secara menyeluruh dan rinci. Berbeda dengan pemeriksaan darurat.

Pemeriksaan kejiwaan yang darurat fokus pada gejala, riwayat kelainan, perilaku pasien ketika gangguan tersebut muncul. Tujuan pemeriksaan ini adalah untuk mendeteksi adanya gangguan mental dan perilaku pada seseorang.

4. Lalui Bersama

Selain cara ketiga diatas, cara mengecek mental health melalui online juga bisa loh! Cara mengecek mental health di website juga salah satu yang menjadi alternativnya. Salah satunya melalui Lalui Bersama yang merupakan sistem kalkulator mental.

Sistem ini dibentuk oleh kelompok fakultas kedokteran Universitas Airlangga. Anda akan diminta mengisi 21 pertanyaan, lalu hasilnya akan keluar secara langsung.

5. Pijar Psikologi

Berbeda dengan cara cek mental health yang lainnya. Pijak Psikologi menyediakan tes skrining bagi anda yang depresi. Skrining ini menggunakan metode BDI (Beck’s Depression Inventory). Dengan menjawab 21 pertanyaan, maka anda bisa mengetahui hasilnya.

6. 16 Personalities

16 Personalities merupakan tes kepribadian yang sangat populer saat ini. tes kepribadian MBTI atau Myers-Briggs biasanya digunakan untuk rekrutmen. Tes ini merupakan tes online yang gratis loh! Situs ini akan memberikan hasil tentang kepribadian anda secara detail.

7. Crystal Knows

Situs Crystal Known juga menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengetes kesehatan mental anda. Psikotes ini akan membagikan kepribadian dalam 4 tipe. Yaitu, dominance, influence, submission dan compliance.

8. Eysenck Pesonality Inventory

EPI atau Eysenck Personality Inventory merupakan tes untuk mengukur dua dimensi kepribadian yang menyebar dan independen. Dua dimensi tersebut adalah extraversion-introversion dan neuroticism-stability.

Tes ini berisi 57 item dengan pilihan jawabn Ya-Tidak, dan tanpa pengulangan item.

9. My Next Move O*NET Interest Profiler

O*NET Interest Profiler merupakan tes kepribadian untuk minat karir. Tidak hanya mengetahui tentang minat karir anda saja. Anda juga dapat mengetahui persiapan apa saja untuk menjalani karir tersebut. Tes ini dirancang oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika.

10. Hexaco Personality Iventory

Cara mengecek mental health di google terakhir adalah melalui Hexaco Personality Inventory. Tes kepribadian ini membagi tesnya menjadi 6 dimensi. Meliputi, honesty-humility, emotionally, extraversion, agreeableness, conscientiousness, dan openness to experience.

Nah, itulah 10 cara mengecek mental health. Anda bisa melakukannya sendiri dengan cara online ataupun datang langsung ke dokter atau psikiater. Dengan mengecek kesehatan mental, ada beberapa manfaat yang bisa anda rasakan. Salah satunya adalah diagnosa mental sejak dini.

Hari Kesehatan mental sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Supaya mental anda tetap terjaga dan sehat, yuk periksakan kesehatan mental anda segera!

0Komentar

Punya Kritik, Saran, Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Sebelumnya Selanjutnya
Promo Jual Paket Baju Kue Lebaran 2022
Kerjasama!!!

Form Pasang Iklan

Iklan Cincin Tunangan