Strategi ATM dalam Berwirausaha

Strategi ATM dalam berwirausaha tengah populer digunakan untuk penerapan bisnis. Metode ini bisa membuat Anda semakin unggul dibandingkan bisnis lainnya. ATM mengedepankan kreativitas dalam berbisnis dan hal tersebut menjadi prinsip yang penting. 

Berpikiran fresh akan membuat Anda menjadi lebih unik dibandingkan pesaing lainnya. Jadi, konsumen pun akan berdatangan karena menemukan ciri khas dari bisnis yang Anda kerjakan. Untuk memahami apa itu teknik ATM, simak infonya berikut ini. 

Strategi ATM dalam Berwirausaha 

Penjelasan mengenai Amati, Tiru, Modifikasi adalah sebagai berikut: 

1. Amati 

Maksud dari Amati disini adalah Anda perlu untuk melihat dan mempelajari di sekitar Anda. Dibutuhkan kepekaan terkait dengan lingkungan bisnis Anda agar bisa mengetahui apa yang banyak dicari. 

Contoh ATM dalam berinovasi dari segi amati ini bisa dengan melihat produk orang lain, strategi pemasaran, dsb. 

Amati tidak hanya dilihat saja tapi juga ada analisa sehingga menghasilkan suatu kesimpulan yang bisa dijadikan pembelajaran untuk langkah bisnis Anda. 

Amati bagaimana pesaing membuat produk mereka menjadi terkenal, apa yang membuat konsumen tertarik, dan lihat juga tren apa yang saat ini banyak dibicarakan. 

Kondisi lingkungan di sekitar ini yang dapat memunculkan ide baru yang kreatif. Amati secara keseluruhan dan mendetail agar bisa mendapatkan kesimpulan yang mendekati kebenaran. 

Dalam mengamati, Anda juga bisa menerapkan metode yang banyak dipakai yaitu SWOT. SWOT adalah salah satu penerapan Amati, Tiru, Modifikasi pada perusahaan E commerce. 

SWOT berasal dari Strong, Weakness, Opportunity, dan Threads. Dengan cara ini, pengamatan juga lebih mudah. 

Arti SWOT

Berikut arti dari SWOT: 

  • Strong: analisa kekuatan dari produk atau layanan yang perusahaan Anda berikan. Ini bisa menjadi kekuatan bisnis dan tonjolkan terus kekuatan tersebut sebagai strategi pemasaran. 
  • Weakness: setiap bisnis yang dijalani juga pasti memiliki kelemahan. Untuk itu, Anda perlu menganalisis kelemahan bisnis Anda lebih cepat. Dari sini akan diketahui solusi untuk menutupi kelemahan bisnis Anda. 
  • Opportunity: peluang dari bisnis. Cari peluang apa yang bisa membantu kesuksesan bisnis. Amati secara luas agar bisa menemukan peluang baik. 
  • Thread: ancaman dalam bisnis. Ketahui juga apa yang dapat menghambat berjalannya bisnis Anda dari faktor luar. Dengan demikian, bisa diminimalisir resikonya sedini mungkin.

2. Tiru 

Setelah mengamati semua aspek yang berhubungan dengan bisnis atau usaha Anda, saatnya untuk melakukan tiru. Ada dasar yang bisa menjadi patokan Anda untuk sukses dan hal ini harus dipelajari dari orang sukses lainnya. 

Lihat perusahaan yang sudah terkenal dan pelajari produk apa yang bisa membuatnya terkenal. Anda bisa meniru sistem manajemennya, proses produksi, strategi pemasaran, pelayanan, sampai pola kerjanya. 

Namun, jangan meniru produk dengan nama dan konsep yang sama karena itu malah dibilang plagiat dan ini melanggar hak paten yang sudah dimilikinya. 

3. Modifikasi 

Strategi ATM dalam berwirausaha terakhir adalah modifikasi. Setelah meniru bisnis, Anda bisa mengkreasikannya dengan melakukan modifikasi sehingga tidak plagiat. Modifikasi ini sesuai dengan kreatifitas dan karakter dari perusahaan. 

Dengan demikian, akan menghasilkan ide segar yang berbeda dengan yang lainnya. Metode ATM dalam pembelajaran strategi bisnis juga bisa diterapkan. 

Penutup

Demikian penjelasan dari Iklankita tentang strategi ATM dalam berwirausaha yang dapat Anda terapkan dalam berwirausaha. Hampir seluruh perusahaan sudah menerapkan konsep ATM ini untuk mengembangkan bisnisnya. Hal terpenting, buatkan inovasi terhadap produk atau jasa perusahaan Anda. 


0Komentar

Punya Kritik, Saran, Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Sebelumnya Selanjutnya
Promo Jual Paket Baju Kue Lebaran 2022


Kerjasama!!!

Form Pasang Iklan

Iklan Cincin Tunangan