Contoh Positioning Produk Makanan

#Iklankita.id #Bisnis - Positioning adalah salah satu strategi bisnis yang mampu meningkatkan persaingan dengan menentukan posisi dari bisnis. Salah satu positioning yang sering dilakukan yaitu produk makanan. Contoh positioning produk makanan adalah sebagai berikut. 

Positioning dalam bisnis makanan penting untuk dilakukan. Hal ini karena makanan memiliki banyak kompetitornya sehingga harus mampu melakukan branding Apa itu positioning dan contohnya akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel ini. 

Manfaat Positioning 

Sebelum mengetahui contoh positioning produk makanan, Anda harus tahu apa saja manfaat dari positioning. Penentuan posisi ini dapat membantu bisnis Anda bertahan bahkan menang dengan bisnis lainnya. Berikut manfaatnya: 

Baca Juga Harga Pasang Iklan Billboard dan Faktor Perbedaan Harga 

1. Menjaga Prospek Keuntungan 

Konsumen yang senang dengan positioning yang Anda lakukan akan menjadi pelanggan setia. Oleh sebab itu, Anda bisa mempertahankan keuntungan dalam bisnis makanan. 

Dari sini, Anda bisa memperkirakan berapa keuntungan dan banyaknya pembeli yang menyukai produk Anda. 

2. Gampang Menentukan Target Pasar 

Positioning juga akan membuat Anda mudah menentukan target pasar karena bisa menganalisis keunggulan dari produk makanan yang dijual. 

Dengan demikian, Anda bisa memakai informasi tersebut untuk menentukan target pasar yang cocok untuk produk Anda. 

3. Meningkatkan Penjualan 

Manfaat terakhir dari positioning adalah meningkatkan penjualan. Hal ini karena ada branding dan nilai lebih yang Anda pakai untuk menarik konsumen yang tepat. Dengan demikian, peluang untuk meningkatkan penjualan lebih besar. 

Jenis Positioning 

Ada beragam jenis positioning yang bisa digunakan oleh pelaku bisnis untuk menentukan posisi produknya, berikut jenisnya: 

  • Harga: memberikan harga yang kompetitif dan mampu bersaing akan meningkatkan kualitas produk. 
  • Kualitas: meningkatkannya akan membuat bisnismu menang dan unggul dibandingkan lainnya. Ini juga membuat produk makanan lebih eksklusif dan berkualitas. 
  • Diferensiasi: membuat produk Anda menonjol dengan membedakannya dengan produk lain. Semakin berbeda maka akan semakin baik karena bisa merepresentasikan produk dengan baik. 
  • Kenyamanan: dilihat dari segi kenyamanan konsumen untuk mendapatkan produk Anda. Contohnya dapat dibeli melalui online. 
  • Layanan pelanggan: memberikan pelayanan terbaik dengan keunikan layanannya juga akan membuat konsumen tertarik. 

Contoh Positioning Produk Makanan 

Contoh segmenting, targeting, positioning bisa dilihat dari bisnis makanan junk food yang sudah terkenal yaitu antar McDonald’s dan Burger King 

1. McDonald’s 

Siapa yang tidak kenal dengan brand makanan cepat saji. McDonald’s sudah melekat di hati konsumennya karena sudah melakukan positioning dengan sangat baik. 

Bisnis ini berfokus pada harga, efisiensi serta dari layanan pelanggan. Harga yang ditawarkan murah, banyak ditemukan di berbagai wilayah sehingga lebih efisien, serta layanan pelanggannya ramah dan cepat. Anda bisa membeli produk ini melalui online dan drive thru. 

McDonald’s mempunyai target pasar yaitu konsumen yang memiliki kesibukan serta menargetkan anak-anak dan keluarga. Oleh sebab itu, posisi dari brandnya tersebut untuk memenuhi pelayanan pelanggan. 

Ada menu-menu dengan paket family atau anak-anak sehingga cocok untuk kebutuhan customernya. 

2. Burger King 

Berbeda dengan McDonald’s, Burger King lebih memposisikan diri sebagai brand yang kreatif dengan tampilan iklan yang selalu unik. 

Burger King menargetkan pelanggan anak muda yang menyukai Burger sehingga iklannya mempromosikan jiwa muda dan kebebasan. 

Penutup 

Itulah contoh positioning produk makanan yang perlu Anda ketahui untuk bisnis makanan Anda. Cara ini bisa dipraktekkan ke contoh STP produk makanan khas daerah atau makanan ringan yang Anda geluti. Baca informasi tentang bisnis lainnya hanya di blog Iklankita ya!

0Komentar

Punya Kritik, Saran, Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Sebelumnya Selanjutnya
Promo Jual Paket Baju Kue Lebaran 2022
Kerjasama!!!

Form Pasang Iklan

Iklan Cincin Tunangan