cara menjadi eksportir pemula

Peluang usaha export import cukup menjanjikan. Hal ini karena banyak keuntungan karena di era teknologi saat ini, orang banyak menginginkan barang ekspor. Anda bisa mengambil kesempatan ini melalui cara menjadi eksportir pemula berikut ini. 

Banyak industri yang telah memasuki pasar internasional untuk mendapatkan banyak keuntungan. Hal ini semakin memajukan bisnis eksportir karena banyak menyediakan berbagai produk mulai dari UKM maupun UMKM. Namun, persaingannya tentu lebih ketat. 

Cara Menjadi Eksportir Pemula

Berikut adalah cara menjadi eksportir pemula yang perlu Anda ketahui. 

1. Mengetahui Peluang Produk Laris 

Bagaimana cara menjadi pengusaha ekspor? Langkah pertama yang perlu Anda persiapkan yaitu mengetahui peluang produk yang Anda jual menjadi laris di pasaran global. 

Hal ini penting karena jangan sampai memilih produk yang ternyata tidak laris hal ini akan berpengaruh terhadap menurunnya penjualan. 

Oleh sebab itu, Anda perlu peka terhadap lingkungan pasar global. Lakukanlah riset terlebih dahulu untuk mengetahui produk apa banyak disukai oleh masyarakat global dan tidak lekang oleh waktu. 

Pastikan juga bahwa produk tersebut laris di pasaran dan dapat diterima oleh banyak masyarakat dari segi kebutuhannya. Berikan keunikan produk Anda yang dapat menarik perhatian pelanggan. Dengan begitu, produk Anda menjadi lebih unggul. 

2. Tentukan Negara yang Potensial 

Tips berikutnya sebelum memulai bisnis eksportir, Anda perlu menentukan negara mana yang menjadi tujuan target produk Anda. Dengan begitu, pemasaran yang akan Anda lakukan nantinya lebih mudah dan terarah. 

Pilih negara yang banyak menggunakan dan menyukai produk yang Anda jual. Prioritaskan juga negara yang banyak penduduknya dan memiliki kesejahteraan tinggi. 

Hal ini karena semakin banyak penduduknya, maka konsumsinya juga semakin banyak sehingga ini dapat meningkatkan penjualan Anda. 

Selain itu, negara yang sejahtera seperti Singapura, China, Amerika Serikat, dsb akan memberikan peluang mudahnya produk Anda untuk masuk dan banyak dibeli orang karena memiliki tingkat konsumtif yang tinggi. 

3. Ketahui Cara Ekspor Barang langsung/Tidak Langsung 

Anda juga perlu memahami bahwa ada dua cara ekspor barang ke luar negeri. Pertama yaitu secara langsung dimana Anda sebagai penjual dapat memasarkan produk secara langsung kepada pembeli. 

Pemasaran langsung ini bisa dilakukan melalui media sosial sampai membuat toko online untuk produk Anda. 

Sedangkan cara tidak langsung yaitu penjual memasarkan produknya melalui pihak ketiga seperti agen perdagangan yang sudah berpengalaman. Jadi, Anda tidak langsung untuk berpromosi ke pembelinya. 

4. Pelajari Dokumen dan Biaya Ekspor 

Melakukan pengiriman barang ke luar negeri pasti membutuhkan dokumen dan persyaratan yang harus Anda penuhi. 

Dokumen tersebut antara lain legalitas usaha sampai dengan izin ekspor. Hal ini penting agar bisnis Anda dapat berkembang dan tidak menyangkut masalah hukum. 

Selanjutnya, siapkan pula syarat menjadi eksportir perorangan serta invoice dan daftar barang dengan baik. Ketahui juga berapa biaya mengurus izin export agar dapat memperhitungkan modalnya. 

5. Gunakan Fasilitas Ekspor dari Pemerintah 

Pemerintah Indonesia mendukung adanya fasilitas ekspor yang bisa memudahkan Anda untuk mengembangkan bisnis. 

Fasilitas tersebut dapat Anda ketahui di laman DJPEN resmi. Salah satunya adalah pameran yang berguna agar eksportir bertemu dengan para calon pelanggan dari luar negeri yang potensial. 

Penutup 

Demikian cara menjadi eksportir pemula yang perlu Anda ketahui. Selalu tambah pengetahuan dan ikuti kelas eksportir agar mengetahui langkah yang tepat untuk menjadi eksportir yang sukses. Jika ingin jasa eksportir Anda sukses, bisa coba beriklan di Iklankita secara gratis!


0Komentar

Punya Kritik, Saran, Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Sebelumnya Selanjutnya
Promo Jual Paket Baju Kue Lebaran 2022


Kerjasama!!!

Form Pasang Iklan

Iklan Cincin Tunangan