Cara Memulai Bisnis Kos-kosan Agar Banyak Penghuninya

Bisnis kos-kosan apakah menguntungkan? Ya, saat ini bisnis ini menjanjikan. Hal ini karena banyak orang yang merantau ke luar kota untuk bekerja atau kuliah. Jika Anda tertarik, berikut cara memulai bisnis kos-kosan yang tepat. 

Bisnis kos-kosan akan memberikan keuntungan yang besar dan statis karena tiap bulannya ada pemasukan dari pihak penyewa kos. Oleh sebab itu, yang perlu Anda siapkan adalah memulainya dengan tepat agar tidak bisa berkembang. Simak infonya berikut ini. 

Cara Memulai Bisnis Kos-kosan 

Berikut tips yang perlu diterapkan sebelum membangun usaha kos-kosan. 

1. Pilih Bangunan yang Tepat 

Jika Anda belum membangun kos, lebih baik untuk memperhatikan letak dan detail bangunan tersebut. Hal ini sangat penting agar bisa mengetahui apakah bangunan tersebut berkualitas dan layak untuk dijadikan bisnis atau tidak. 

Pilihlah bagunan yang kuat dan layak ditempati. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk biaya operasional dan perawatan bangunan. Cek satu persatu semua hal tentang surat dan legalitas bangunan.

Untuk menghindari masalah hukum dan sengketa bangunana tersebut di kemudian hari. 

2. Kenali Jenis Properti 

Kos-kosan membutuhkan banyak kamar dan berbagai properti yang baik agar layak ditempati. Oleh sebab itu, sediakan dan pilih jenis properti terbaik. Terbaik disini maksudnya adalah berkualitas, membuat nyaman penghuni kos, dan dengan biaya yang terjangkau. 

3. Bangun Kos dengan Konsep Unik 

Untuk lebih membedakan kos-kosan Anda dengan yang lainnya, Anda bisa membuat konsep unik dari tampilan kos tersebut. 

Tidak perlu mahal-mahal, cukup desain dengan tampilan unik. Contohnya yaitu desain minimalis yang akan membuat banyak pengunjung tertarik. Minimalis juga memunginkan ruangan yang ditempati terlihat lebih luas meskipun sebenarnya berukuran kecil. 

4. Pilih Lokasi yang Strategis 

Bisnis plan kos-kosan dari segi lokasi adalah faktor penting yang bersangkutan dengan penghasilan Anda. 

Jika lokasi bangunan kos jauh dari pusat kota atau di daerah terpencil, tentu orang akan lebih memilih kos-kosan lain yang lebih dekat dengan tempat yang biasa mereka tuju. 

Umumnya, orang yang ngekos, memiliki tujuan agar bisa tinggal di dekat tempat kerja atau sekolahnya. Jadi, buatlah kos-kosan di sekitar lokasi tersebut. Jika semakin strategis dan banyak tempat umum, maka kesempatan untuk mendapatkan pelanggan akan lebih banyak lagi. 

5. Jaga Kebersihan dan Perawatan 

Salah satu faktor betahnya penghuni kos adalah kebersihan dari tempat tersebut. Oleh sebab itu, cara mengelola kos-kosan harus dapat membuat aturan yang ketat bagi penghuni kos untuk menjaga kebersihan kamar agar penghuni lain merasa nyaman. 

Selain itu, pilihlah tempat kos dengan kondisi sekitar yang tidak kumuh, misalnya tidak dekat sungai, padat penduduk, atau dekat TPS. 

Hal ini perlu dihindari untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan membuat bisnis menjadi berkembang. 

6. Pakai Fasilitas yang Layak 

Selanjutnya adalah dengan memberikan fasilitas yang layak untuk penghuni. Untuk usaha kos-kosan sederhana setidaknya, berikan kamar yang standar, dimana ada kasur, lemari pakaian, sampai dengan meja. 

Ada juga kos-kosan yang menyediakan fasilitas yang lebih lengkap untuk menarik pelanggan. Contohnya seperti dapur bersama, kulkas, AC, sampai kamar mandi dalam. 

7. Tentukan Harga Sewa 

Cara memulai bisnis kos-kosan selanjutnya adalah dengan menentukan harga sewa tiap bulannya. Perlu perencanaan perhitungan modal dan harga sewa agar bisa menetapkannya dengan baik. 

Penutup 

Demikian cara memulai bisnis kos-kosan yang menarik dan banyak diminati oleh pelanggan. Untuk memulainya, siapkan modal usaha kos-kosan dan beberapa langkah di atas. Jika ingin kos Anda ramai, maka cobalah beriklan di Iklankita, dijamin langsung tayang secara online!


0Komentar

Punya Kritik, Saran, Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Sebelumnya Selanjutnya
Promo Jual Paket Baju Kue Lebaran 2022


Kerjasama!!!

Form Pasang Iklan

Iklan Cincin Tunangan