Cara Memulai Bisnis Jasa Pengiriman Barang

Peluang usaha jasa pengiriman barang saat ini sedang banyak diminati. Hal ini karena pelanggannya yang selalu mengalami peningkatan. Banyak yang lebih suka berbelanja online. Oleh sebab itu, berikut cara memulai bisnis jasa pengiriman barang. 

Jasa pengiriman barang sudah banyak seiring dengan pesatnya kebutuhan jasa antar barang. Oleh sebab itu, Anda perlu bersaing dengan kompetitor lainnya dan menerapkan strategi yang mumpuni. Berikut akan dijelaskan cara memulai usaha bisnis ini. 

Cara Memulai Bisnis Jasa Pengiriman Barang 

Berikut adalah cara memulai bisnis jasa pengiriman barang yang tepat untuk pemula agar bisnis menjadi berkembang. 

1. Siapkan Modal 

Langkah pertama cara membuka usaha jasa kurir yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan modal karena ini masalah yang krusial untuk berkembangnya bisnis. Jika modal Anda sedikit, perlu strategi untuk mendapatkan modalnya terlebih dahulu. 

Bisa dengan mencari investor sampai dengan rekan kerja untuk membagi modalnya. Hal ini karena untuk membuka bisnis ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. 

Banyak biaya yang harus dipertimbangkan, mulai dari transportasi, peralatan, sampai dokumen izin usaha pengiriman barang. 

Setidaknya, modal buka usaha jasa pengiriman sekitar Rp 130 juta. Biaya ini bisa lebih rendah atau lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Yang paling berpengaruh untuk modal yaitu biaya transportasi karena biasanya diantar oleh mobil box yang membutuhkan banyak biaya untuk membelinya. 

2. Tentukan Lokasi dan Wilayah Pelayanan 

Pilih lokasi usaha yang strategis agar bisa menjangkau pelanggan lebih luar lagi. Kemudian, kantornya harus menampung barang yang banyak sehingga perlu membuat bangunan yang cukup luas. 

Selanjutnya, Anda juga perlu memikirkan tempat untuk lahan parkir untuk transportasi barang seperti motor, mobil box, sampai dengan truk jika barang yang dikirim memiliki jumlah volume yang besar. 

3. Tentukan Jenis Pelayanan

Selanjutnya yaitu menentukan jenis pelayanan untuk mengirimkan barang. Contohnya mengirim makanan, dokumen, atau barang elektronik. Berikan juga pelayanan garansi atau asuransi terhadap barang yang ingin dikirim pelanggan supaya lebih terpercaya. 

Berikan juga pelayanan agar pelanggan bisa memantau sampai mana paket Anda tiba dengan mudah. 

4. Menentukan Biaya Ongkir 

Pikirkan juga berapa biaya ongkir dari jasa Anda. Tentukan dari berbagai faktor mulai dari rute perjalanan, kecepatan pengiriman, sampai dengan jarak tempuhnya. 

Anda perlu untuk melakukan survey terlebih dahulu agar sesuai dengan harga di pasaran. Jangan terlalu mahal dan terlalu murah agar bisnis Anda menjadi untung. 

5. Pikirkan Strategi Promosi 

Bagaimana cara memulai bisnis ekspedisi selanjutnya adalah strategi promosi yang penting agar bisnis dapat diketahui orang luas. Bisa dilakukan dengan melakukan digital marketing yaitu membuat e-commerce, website, sampai dengan memasarkannya melalui media sosial. 

Beri konten yang menarik dan jangan terlalu monoton. Bisa juga dengan melakukan soft selling yang memberikan konten edukatif sehingga bermakna bagi pengunjung. 

6. Berikan Pelayanan Terbaik 

Berikan pelayanan terbaik agar pelanggan selalu loyal dan menjadi pelanggan setia. Kirim barang tepat waktu sesuai dengan jenis pengiriman yang diinginkan. Ada yang 24 jam yang biasa disebut sebagai pengantaran express dan ada pula yang reguler. 

Penutup 

Demikian sedikit penjelasan dari Iklankita mengenai cara memulai bisnis jasa pengiriman barang yang harus Anda ketahui terutama bagi pemula yang baru merintis. Diperlukan adanya kegigihan untuk menjalaninya. Anda juga perlu memikirkan strategi jangka panjang agar usaha Anda tetap bertahan. 

0Komentar

Punya Kritik, Saran, Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Sebelumnya Selanjutnya
Promo Jual Paket Baju Kue Lebaran 2022


Kerjasama!!!

Form Pasang Iklan

Iklan Cincin Tunangan