#Iklankita.id #OtomotifMobil mendadak tidak dapat distarter? Kemungkinan besar permasalahannya ialah pada accu (Aki) yang rusak atau telah habis usia penggunaannya. Jalan singkat yang dapat kamu kerjakan yakni dengan jumper accu mobil.

Cara Menjumper Aki Mobil

Pemicu accu mobil tekor umumnya karena accu mobil telah tua atau barangkali saja ada ketidak sesuaiaan kemampuan pada accu mobil.

Jika alami ini, jalan keluar yang tercepat dengan lakukan jumper accu. Atau tehnik menyalurkan listrik dari sumber daya battery yang lain ke lokasi sumber daya yang memiliki masalah.

Pada keadaan genting, sesudah dijumper karena itu mobil dapat dihidupkan untuk ke arah bengkel atau tempat paling dekat dan memperoleh pengatasan selanjutnya.

Paling penting, jangan cuman lakukan tehnik jumper. Berikut tehnik yang dibagi Mitsubishi Indonesia.

Cara Jumper Aki Mobil yang Harus Dilaksanakan

Jumper accu mobil mempunyai tujuan untuk "memancing" supaya accu yang rusak dapat bekerja kembali. Untuk lakukan jumper accu mobil, Anda perlu accu yang lain jadi "donor" untuk accu yang rusak. Accu dapat datang dari mobil lain atau accu yang sedang tidak dipakai tetapi pada keadaan baik. Lantas, bagaimana cara jumper accu mobil yang betul? Berikut penuturannya.

1. Menyiapkan perlengkapan untuk menjumper aki

Langkah jumper accu mobil yang pertama ialah mempersiapkan semua perlengkapan yang diperlukan. Jumper accu tak perlu banyak alat, cukup accu dan kabel jumper. Anda dapat memakai accu dari mobil lain. Tetapi, awalnya yakinkan accu yang dipakai masih maksimal. Maknanya, voltase atau daya listrik accu pada keadaan baik. Sebaiknya Anda pun pilih accu dari mobil yang semacam. Umumnya, mobil yang semacam mempunyai accu dengan nilai voltase sama.

Sesudah mendapati accu yang pas sebagai donor, siapkan kabel jumper. Kabel yang dapat dipakai sebagai jumper ada beberapa opsinya. Pakailah cuma kabel yang sesuai accu mobil Anda.

2. Atur status mobil

Bila semua perlengkapan telah komplet, saat ini waktunya untuk atur status mobil Anda. Dekatkan mobil dengan lokasi accu donor. Saat lakukan jumper, mobil harus pada keadaan diam. Untuk mobil bertransmisi manual, statuskanlah dalam persneling netral. Dan untuk mobil bertransmisi automatis, statuskan dalam transmisi P atau parkir. Janganlah lupa untuk aktifkan rem tangan supaya mobil masih tetap pada tempatnya.

Semua mekanisme kelistrikan mobil juga harus pada keadaan mati saat lakukan jumper. Cabut contact untuk pastikan semua mekanisme kelistrikan mati. Kemudian, membuka kap mobil dan check status accu mobil Anda untuk mengawali proses jumper.

3. Menyambungkan ke-2 accu dengan kabel jumper

Selanjutnya, Anda tinggal menyambungkan ke-2 accu memakai kabel jumper warna merah. Kabel ini seperti terlihat kabel biasa. Perbedaannya, kabel jumper mempunyai pencapit di ke-2 ujungnya.

Untuk menyambungkan ke-2 accu dengan kabel jumper, Anda harus waspada. Ketahui benar dan cermat status kutub terminal positif dan negatif dari ke-2 accu yang dipakai. Umumnya, status kutub accu ini diikuti dengan lambang "+" untuk kutub positif dan lambang "-" untuk kutub negatif accu mobil.

Kutub terminal positif harus disambungkan dengan kutub terminal positif. Begitupun kebalikannya, kutub negatif harus disambungkan dengan kutub negatif. Yakinkan pencapit kabel betul-betul sudah tersambung pada kutub-kutub itu.

4. Hidupkan mesin mobil kembali

Jika kabel jumper sudah dipasang pada masing-masing accu, karena itu sekarang Anda dapat masuk ke cara seterusnya. Nyalakan mesin mobil. Mesin yang dihidupkan pertama kalinya ialah mesin mobil donor. Baru sesudah mobil donor hidup, mesin mobil yang akinya rusak dapat dihidupkan.

Biarkan sepanjang sesaat sampai arus listrik dari accu donor capai accu rusak. Bila accu yang rusak kelihatan hidup kembali, implementasi langkah jumper accu mobil dapat disudahi.

Mobil dengan elemen alternator yang masih tetap baik umumnya tak perlu waktu yang lama untuk jumper. Karena itu memelihar elemen alternator sebagai satu hal yang diperlu untuk check secara periodik.

5. Melepaskan kabel jumper

Cara paling akhir dalam langkah jumper accu mobil ialah melepaskan kabel jumper. Sesudah accu rusak memperoleh cukup tenaga untuk hidupkan mesin, Anda dapat melepaskan kabel jumper. Teruslah waspada dalam melakukan.

Bebaskan kabel kutub negatif (umumnya memiliki warna hitam) yang tersambung pada accu hancur lebih dahulu. Baru selanjutnya terlepas kabel kutub negatif yang tersambung pada accu donor. Sesudah kabel negatif lepas, teruskan dengan melepaskan kabel kutub positif (umumnya memiliki warna merah) pada accu hancur. Paling akhir, terlepas kabel positif pada accu donor.

Tersebut langkah jumper accu mobil yang dapat Anda kerjakan pada kondisi genting. Ingat, jumper accu bukan jalan keluar akhir untuk menangani accu rusak. Supaya mobil yang akinya rusak dapat betul-betul sembuh, Anda wajib melakukan pembaruan.

0Komentar

Punya Kritik, Saran, Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Sebelumnya Selanjutnya
Promo Jual Paket Baju Kue Lebaran 2022


Kerjasama!!!

Form Pasang Iklan

Iklan Cincin Tunangan