Diterbitkan Oleh Iklankita.id - Ibadah haji adalah ibadah yang paling tinggi, serta banyak dinantikan masa keberangkatannya oleh para calon haji yang telah mendaftarkan diri untuk segera berangkat ke tanah suci. Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas cara daftar travel haji plus Jakarta yang tepat.

Tips Cara Daftar Travel Haji Plus Jakarta

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mendaftarkan diri untuk ibadah haji ke Mekah, seperti berapa biaya daftar haji plus, tips memilih travel resmi penyelenggara haji plus yang terpercaya, sampai berapa lama daftar tunggu haji plus di Indonesia.

Berikut penjelasan mengenai informasi tata cara daftar travel haji plus Jakarta dan tips memilih travel haji plus terbaik di Jakarta dengan tepat agar terhindar dari penipuan yang dapat merugikan anda.

Ibadah Haji ke Tanah Suci

Melakukan ibadah haji ke Mekah merupakan ibadah dalam rukun Islam yang paling banyak membutuhkan persiapan yang matang. Karena calon haji harus pergi meninggalkan tanah airnya dan hal tersebut membutuhkan akomodasi dan persiapan yang baik.

Bukan hanya soal biaya, namun juga kenyamanan dalam menunaikan ibadah haji sejak keberangkatan dari tanah air hingga menjalankan ibadah haji di tanah suci, serta kembalinya jamaah haji ke Indonesia juga harus diperhitungkan dengan baik.

Maka dari itu, banyak hal yang harus dipersiapkan, seperti niat yang kuat, biaya yang cukup, ilmu tentang melaksanakan ibadah haji, akomodasi perjalanan dan penginapan, semua harus disiapkan dengan baik dan matang.

Sebelum masuk ke pembahasan tips memilih travel haji plus Jakarta yang resmi dan terpercaya serta cara mendaftarnya, berikut yang harus diketahui terlebih dahulu adalah cara mendaftarkan diri sebagai calon haji di Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag).

Cara Daftar Haji di Kemenag

Agar terdaftar menjadi calon haji dan dapat berangkat ke tanah suci, anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu ke Kemenag, agar semua data terkait kewarganegaraan milik anda resmi, legal, dan terdaftar di negara Arab Saudi.

Dilansir dari Kemenag.go.id, cara dan langkah-langkah daftar travel haji plus Kemenag agar langsung mendapatkan kuota haji dan terdaftar sebagai calon haji adalah sebagai berikut.

1. Memenuhi Syarat Sebagai Calon Haji

Terdapat syarat yang harus dipenuhi oleh calon haji sebelum mendaftarkan diri ke Kemenag RI untuk berangkat ibadah haji ke Mekah, Arab Saudi. Adapun syarat-syarat calon jamaah haji yang wajib dipenuhi adalah sebagai berikut.

  • Beragama Islam.
  • Saat mendaftar, calon jamaah haji minimal berusia 12 tahun.
  • Memiliki KTP yang masih berlaku dengan identitas dan domisili yang sesuai dan benar (sah).
  • Memiliki KK (Kartu Keluarga).
  • Memiliki Surat Akta Kelahiran, atau kutipan Akta Nikah, atau Ijazah.
  • Memiliki Tabungan Haji atas nama yang sesuai dengan calon haji yang mendaftarkan diri pada BPS BPIH (Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji).
  • Melampirkan pas foto ukuran 3x4 yang sesuai dengan standar foto daftar calon haji.

2. Membuka Tabungan Haji Terlebih Dahulu

Langkah cara daftar travel haji plus Kemenag yang selanjutnya adalah membuka tabungan haji terlebih dahulu, dengan minimal tabungan awal sebesar sekitar 25 juta rupiah agar langsung terdaftar menjadi calon jamaah haji untuk periode tahun antara 2025 sampai 2028.

Anda bisa membuka tabungan haji di bank syariah, seperti BSI, Bank Muamalat, dan bank lainnya yang berlabel syariah resmi. Langsung saja datangi bank syariah terdekat dan lakukan pendaftaran pembukaan tabungan khusus ibadah haji.

3. Mendaftarkan Diri di Kemenag

Terakhir, anda dapat langsung mendaftarkan diri anda ke Kemenag RI untuk keberangkatan ibadah haji ke Mekah. Adapun tata cara daftar travel haji plus Kemenag adalah sebagai berikut.

  1. Datangi kantor Kemenag yang ada di daerah domisili tempat tinggal anda.
  2. Isi buku tamu sekaligus formulir pendaftaran haji SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji).
  3. Serahkan formulir dan berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan secara lengkap kepada petugas administrasi Kemenag.
  4. Setelah tervalidasi formulir dan berkas sudah sesuai dan lengkap, calon haji akan diminta untuk pengambilan foto dan perekaman sidik jari untuk identitas SPPH oleh petugas.
  5. Jika semua sudah sesuai dan terkonfirmasi kebenarannya, calon haji diminta untuk menandatangani SPPH, kemudian akan menerima lembar bukti pendaftaran haji yang berisi nomor porsi pendaftaran keberangkatan haji.
  6. Pastikan lembar bukti pendaftaran haji tersebut telah berisi tanda tangan dan stempel resmi dari Kemenag RI.
  7. Calon haji juga akan menerima lembar tanda bukti setoran awal BPIH yang dikeluarkan oleh pihak bank terkait.
  8. Pendaftaran selesai dan anda telah resmi terdaftar sebagai calon haji. Pihak Kemenag akan menginformasikan kepada anda kapan periode tahun keberangkatan haji.

Biaya Daftar Haji Plus 2022

Biaya travel haji plus Jakarta tentunya sangat bervariasi, namun sebenarnya tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah akomodasi hotel dan kendaraan serta lama hari jamaah haji berada di tanah suci Mekah dan Madinah.

Berapa biaya daftar haji plus? Untuk daerah Jakarta, biaya haji plus Jakarta berkisar di angka 39 juta rupiah. Adapun rincian biaya haji plus Jakarta tahun 2022 adalah sebagai berikut.

  • Biaya penerbangan (PP) = Rp. 29.500.000,-
  • Living cost (Biaya hidup sehari-hari) = Rp. 5.770.000,-
  • Akomodasi jamaah di Mekah = Rp. 2.700.000,-
  • Akomodasi jamaah di Madinah = Rp. 770.000,-
  • Biaya Visa perjalanan luar negeri = Rp. 1.155.000,-

Tips Memilih Travel Haji Plus Jakarta

Berikut ini tips dan cara daftar travel haji plus Jakarta agar sesuai dengan keinginan anda dalam mewujudkan ibadah haji yang nyaman, aman, serta terpercaya.

1. Ketahui dan Cari Informasi Detail Terkait Profil Travel Haji Plus

Sebelum mendaftarkan diri ke travel resmi penyelenggara haji plus, sebaiknya anda mencari informasi detail terkait travel haji plus tersebut. Lacak rekam jejak travel haji plus tersebut, pastikan telah resmi berlisensi dan berizin dari Kemenag RI untuk menghindari penipuan.

2. Cek Harga dan Fasilitas yang Ditawarkan

Selanjutnya, cek berapa biaya daftar haji plus di travel tersebut, apakah sudah sesuai dengan standar Kemenag RI. Jika biaya haji plus Jakarta melebihi standar Kemenag, maka kemungkinan fasilitas yang ditawarkan berkualitas.

Lakukan perbandingan antara biaya haji plus Jakarta dengan kualitas dari fasilitas yang ditawarkan. Pastikan harga yang ditentukan masuk akal dan sesuai dengan kemampuan finansial anda.

3. Melayani Bantuan Pengajuan Visa

Travel haji plus terbaik adalah travel haji yang juga menyediakan layanan pengajuan Visa, untuk memudahkan calon jamaah haji untuk mendaftarkan diri. Pastikan travel haji plus Jakarta yang anda pilih memiliki layanan tersebut.

Sekian pembahasan mengenai cara mendaftarkan diri menjadi calon jamaah haji, rincian biaya haji plus Jakarta di tahun 2022, serta tips dan cara memilih travel haji plus Jakarta dengan tepat dan sesuai dengan keinginan anda.

0Komentar

Punya Kritik, Saran, Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Sebelumnya Selanjutnya
Promo Jual Paket Baju Kue Lebaran 2022
Kerjasama!!!

Form Pasang Iklan

Iklan Cincin Tunangan