Iklankita.id - Bisnis makanan tentu saja menjadi bisnis paling menjajikan dan memiliki peluang yang besar jika kita tau cara promosikan bisnis makanan tersebut. Disini admin akan memberikan panduan bagaimana sih cara promosi makanan di whatsapp agar produk yang di jual laris manis.

Cara Promosi Di Whatsapp

Cara Promosi Makanan Di Wa (Whatsapp) Terbaru Mudah Dan Aman

Berdasarkan hasil survey admin hampir 83% penduduk indonesia menggunakan aplikasi whatsapp sebagai penunjang aktifitas baik itu untuk kebutuhan pribadi ataupun aplikasi whatsapp untuk berbisnis.

Whatsaap messenger adalah merupakan aplikasi pesan lintas plastform yang berfungsi sebagai media bertukar pesan secara gratis (bebas pulsa), dalam menggunakan whatsapp hanya memrlukan jaringan internet seperti (3G.4G arau jaringan wifi dalam mengirim data. Dengan aplikasi whatsapp memungkinkan kamu untuk bertukar pesan, mengirim file, foto dan juga dapat kamu gunakan sebagai alat untuk promosi.

Bagi kamu yang saat ini memiliki usaha makanan, admin akan membahas secara khusus bagaiamana cara promosi makanan di whatsapp agar produk makananmu laris manis. Yuk simak artikel ini hingga selesai.

Cara Promosi Makanan Di Whatsapp

Aplikasi whatsapp dapat kamu gunakan secara gratis dalam banyak kebutuhan bisnis. Mengingat pengguna whatsapp di indonesia cukup besar jadi kamu dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang bisnis dalam memasarkan produk makanan yang kamu miliki. berikut adalah cara promosi produk makanan di whatsapp.

1. Langkah Pertama : Cari Dan Kumpulkan Data Pengguna Sebanyak Mungkin

Ingat kata pepetah "dimana ada keramaian di situlah ladang mencari rejeki". Begitu juga dalam berbisnis melalui whatsapp, semakin banyak kamu memeliki data base (kontak) yang kamu simpan di whatsapp kamu, semakin besar pula kamu bisa mendatangkan pesanan untuk produk makanan yang kamu jual. 

Mungkin untuk mendapatkan banyak kontak juga agak sulit terutama bagi kamu yang tidak begitu aktif di media sosial. Jadi untuk memulai langkah pertama ini kamu bisa mencoba mengumpulkan data pengguna whatsapp secara manual dengan mengikuti langkah2 di bawah ini.

  • Mencari No Tlp (Whatsapp) Di Media Sosial Dan Internet

Langkah ini cukup efektif kamu gunakan, jadi tugas kamu adalah mencari no hp yang terhubung ke whatsapp di internet atau media sosial. sebagai contoh:

Contoh Pertama : Cari Nomer Whatsapp dengan Google Search. Caranya : Buka google.com lalu ketik "No whatsapp perusahaan di jogja" maka mesin pencari seperti google akan menampilkan no whatsapp persahaan di jogja yang tersimpan di database google lalu kamu bisa menyalin dan menyimpannya lihat gambar:

Cari Nomer Whatsapp Dengan Google

Contoh Kedua : Cari Nomer Whatsaap Di Google Maps. Caranya: Buka google maps bisnis, ketik pada pencarian "whatsapp jasa sablon murah di jogja" maka google maps akan menampilkan banyak sekali usaha usaha yang menggunakan no whatsapp. lihat gambar:
Mencari Nomer Whatsapp di Google Maps

Contoh Ketiga
:
Mencari nomor whatsaap melalui media sosial seperti Facebook, intagram, twitter dll. dalam contoh ini kami akan menggunakan lewat facebook group. caranya: Gabung ke banyak group facebook terutamanya adalah group facebook tentang bisnis dan usaha karena disana kamu akan mendapatkan nomer tlp yang sesuai target bisnis kamu. contoh lihat gambar:
Cara memndapatkan nomer whatsaap dari facebook

Cukup mudah bukan? Nah di atas hanya beberapa contoh saja cara mencari nomor whatsaap melalui internet dan media sosial. kamu bisa lakukan sendiri ke media sosial lainnya seperti instagram, twitter, olx dll (Di olx kamu juga bisa mendapatkan dan menyimpan nomer hp pemasang iklan ya)

Cara ini cocok bagi kamu yang memiliki usaha makanan seperti Catering, Nasi Box, Nasi Aqiqoh atau minuman kemasan.

2. Langkah Kedua: Broadcase Pesan Promosi (Kirim Pesan Masal)

Setelah kamu mendapatkan dan menyimpan nomer whatsapp hasil pencarian di langkah pertama tadi, sekarang cobalah kamu membuat kata-kata promosi yang singkat, padat jelas untuk menginfokan bisnis makanan kamu.

Contoh Pesan:
Hallo Kak...
Saya dari (Nama Usaha) ingin menawarkan produk makanan nasi ayam panggang untuk berbagai kebutuhan seperti makan siang karyawan, syukuran dll gratis antar bisa bayar di tempat...
Simpan nomer whatsapp kami agar bisa menghubungi kami kembali jika sewaktu-waktu membutuhkan produk makanan kami,,, 
Terima kasih sehat selalu kakak..

Lakukan maximal 25 kontak dalam sehari unttuk menghindari spam (Spam pesan dapat mengakibatkan whatsapp kamu terblokir jadi kamu perlu berhati-hati). Lakukan hal tersebut secara berulang ulang dan hasil dari kegiatan di atas adalah pemilik whatsapp yang sudah kamu simpan dan kirimi pesan akan menyimpan kembali nomer whatsapp kamu.

3. Langkah Ketiga: Posting Produk Makanan Di Story (Status Whatsapp)

Nah jika kamu belum memiliki banyak user yang menyimpan no whatsapp kamu tentu tidak akan ada yang melihat history status wa (story), namun sebaliknya jika kamu memiliki database user dan user juga menyimpan nomer whatsapp kamu maka ada kemungkinan besar orang tersebut akan melihat update story kamu. (Cara agar orang mau simpan no hp(whatsaap kita) adalah melakukan cara sebelumnya (Pada langkah Kedua)

Cara ini cukup dapat mengingatkan atau menginformasikan kepada calon konsumen terkait barang dagangan yang kamu jual, semakin sering kamu membuat story whatsapp dengan tampilan foto yang menarik tentu hal ini juga akan dapat menarik perhatian calon konsumen.

4. Langkah Ke Empat: Gunakan Foto Profil Makanan (Sesuai Usaha)

Untuk membuat profile kamu lebih profesional tentu kamu harus menggunakan foto profil whatsapp sesuai dengan produk yang kamu jual ya. 

Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada calon konsumen bahwa whatsapp yang kamu gunakan memiliki usaha yang bergerak di bidang food (makanan) dan pastinya hal ini akan memberikan dampak yang baik bagi ketertarikan calon konsumen untuk memesan makanan di usahamu.

Update foto profile secara berkala dengan jangka waktu tertentu misalnya dalam 1 minggu sekali gunakan foto yang lebih fresh atau foto menu terbaru.

5. Menjalin Komunikasi Dengan Calon Pelanggan Di Whatsapp

Jika kamu telah memiliki pelanggan yang telah melakukan pemesanan produk makanan kamu. Selanjutnya jalinlah komunikasi yang baik misalnya: tanyalah kabar, tanyakan bagaimana rasa makanan yang telah di pesan, dan lain sebagainya. 

Gunakan bahasa yang baik dan sopan agar terjalin hubungan baik, serta jangan lupa untuk selalu menyelipkan kata ucapan kepada pelanggan baik itu pesan ataupun yang tanya-tanya saja. contoh:
Terima kasih kakak sudah pesan makanan ayam goreng di kami! Semoga kakak sehat selalu... Amin
Hal di atas tentunya akan menjadi nilai plus bagi usaha kamu, dan perlu di ingat pelanggan akan sangat suka di doakan.

Cara di atas dapat kamu gunakan untuk berbagai jenis usaha ya, tidak hanya untuk ussaha makanan aja. 
namun jika kamu tidak mau repot cari nomer whatsapp, kirim promosi produk satu persatu pasti repot sekali dan memakan waktu. Nah sebagai penutup mungkin kamu bisa mencoba tools atau palikasi canggih ini untuk mempermudah pekerjaan kamu dalam Promosi makanan lewat whatsapp.

Mau Tau Cara Promosi Makanan Di Wa Yang Cepat Gak Pakai Repot?

Cara Promosi Makanan Di Wa (Whatsapp) Terbaru Agar Jualan Laris

Watzap adalah tools atau aplikasi yang mempermudah cara promosi makanan di whatsapp. Dengan aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengirim pesan whatsapp secara massal (banyak) hanya dengan 1 kali klik saja, Bisa sambil rebahan....

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat berinteraksi langsung dengan pelangganmu dan tentunya hal ini akan dapat meningkatkan penjualanmu hingga 300%  hanya lewat whatsapp.

Promosi makin mudah dan cepat, kamu dapat melakukan kirim pesan le ratusan kontak dengan aman tanpa harus menyimpan no whatsapp calon pelangganmu. kamu juga bisa menjadwalkan kapan pesan itu akan di kirim secara otomatis. Dan masih banyak lagi fitur canggih yang dapat kamu dapatkan...

Coba Watzap Sekarang!!! dapatkan tambahan diskon 5% dengan memasukan Kode "IKLANKITA" tanpa tanda petik. pada saat pembelian.

0Komentar

Punya Kritik, Saran, Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Sebelumnya Selanjutnya
Kerjasama!!!