Iklankita.id - Salah satu produk tulisan yang paling populer adalah artikel. Kita mengenal artikel dalam dunia pendidikan, bisnis, bahkan hiburan. Sehingga banyak orang yang bertanya bagaimana cara menulis artikel dan butuh contoh artikel untuk dipelajari sebagai bahan referensi.

Beberapa orang malah menjadikan ‘menulis artikel’ sebagai sebuah hobi. Di lain sisi, ada orang yang menjadikan artikel sebagai pendapatan.

Karena itulah, penting bagi Kalian untuk mengenal artikel, jenis-jenis, dan bagaimana sih cara menulis artikel yang baik?

Jika memang benar, kalian berada pada artikel yang tepat!

Mari kita ulas satu per satu. Check this out!

Mengenal Cara Menulis Artikel Untuk Membuat Iklan

Contoh Cara Menulis Artikel

Secara umum, artikel merupakan karangan untuk dipublikasikan baik untuk tujuan iklan ataupun non iklan.

Secara spesifik, sebuah artikel ditulis dengan basis data, pemilihan diksi, dan tujuan yang jelas. Sehingga tercipta sebuah produk tulisan yang dapat dipahami serta bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Selain itu, artikel bisa diartikan sebagai penyusunan paragraf demi paragraf secara jelas dengan struktur penulisan yang benar dan mudah dimengerti.

Sehingga dari pengertian tersebut, disimpulkan jika ciri-ciri artikel adalah:

  • Memiliki diksi yang mudah dipahami
  • Bersifat faktual dan aktual (apalagi jika jenis artikel ilmiah) 
  • Memiliki format artikel yang jelas dan sistematis (meskipun tidak eksplisit)
  • Ditulis dengan metode dan penyesuaian bahasa sesuai jenis artikel
  • Ada proses pemberian data, penalaran, pemberian kesimpulan

Jika beberapa ciri di atas tidak ada dalam sebuah artikel, maka secara otomatis produk tulisan tidak bisa disebut artikel.

Karena ada penyesuaian bahasa, sehingga cara menulis artikel ilmiah tentu sangat beda dengan cara menulis artikel berita. Begitu juga cara menulis artikel SEO (untuk keperluan website maupun blog).

Jenis-Jenis Artikel

Jenis-Jenis Artikel Beserta Contohnya

Jika kita mengulas jenis artikel, maka satu hal yang pasti adalah “sangat beragam”.

Kenapa demikian?

Sebab produk tulisan akan berkembang menyesuaikan perkembangan zaman.

Jenis tulisan akan terus mengalami rekonstruksi sehingga mencapai tuntutan zaman. Semua akan disesuaikan dengan tujuan kepenulisan.

Sebab, satu jenis artikel dengan jenis lainnya memiliki perbedaan mendasar. Hal tersebut disebabkan tujuan penulisan artikel itu berbeda.

Secara garis besar, ada 5 jenis artikel berdasarkan tujuannya, yakni:

1. Jenis Artikel Ilmiah

Semua orang pasti mengenal apa itu artikel ilmiah.

Artikel ilmiah adalah sebuah karya kepenulisan yang dibuat untuk tujuan riset, review jurnal, analisis hasil penelitian, dan ditulis dalam ranah research, technology, and academic.

Artinya, sebuah artikel ilmiah hanya tidak bisa ditulis oleh sembarang orang. Proses penerbitannya pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Adapun contoh artikel ilmiah adalah tulisan yang diterbitkan dalam jurnal, karya ilmiah studi (skripsi, tesis, dan disertasi), ataupun kumpulan artikel yang tervalidasi ahli.

Ciri-ciri artikel ilmiah adalah:Bahasa efektif dan akademis

  • Ada sumber yang jelas
  • Memiliki topik yang aktual dan faktual
  • Objektif, standar, dan tidak melibatkan emosional
  • Berdasarkan kaidah satu bidang keilmuan

2. Artikel Opini

Jika Kalian pernah melihat kolom opini di koran maupun website, nah seperti itulah contoh artikel opini.

Penulisannya memiliki satu aspek subjektivitas yang argumentatif.

Sehingga, hampir semua orang bisa menulis artikel opini. Sebab sebuah karya tulisan tanpa data dengan hanya mengandalkan pengalaman saja sudah bisa jadi artikel opini.

Maka dari itu, tidak heran jika cara menulis artikel opini itu sangatlah mudah.

Adapun ciri-ciri artikel opini adalah:

  • Ditulis dengan bahasa pengucapan (kadang campur)
  • Mengulas hal-hal yang aktual (tidak mengedepankan faktual)
  • Format artikel lebih aplikatif
  • Sangat subjektif (kadang lebih ke emosional)

3. Artikel Populer

Kita masuk ke artikel populer. Sebuah artikel dengan tajuk kekiniaan, dibawakan dengan bahasa santai, dan cenderung lebih untuk meluaskan cakrawala pembaca umum.

Artikel ini sering dipublikasikan pada blog, kolom opini, majalah, maupun media lainnya.

Format artikel populer lebih dinamis. Tidak mewajibkan adanya sitasi ataupun sumber.

Hanya saja, dibutuhkan relevansi dengan trend masa kini. Tujuannya adalah menarik seseorang untuk membaca dan menyisipkan marketing maupun satu ideologi dalam artikel tersebut.

Ciri-ciri artikel populer adalah:

  • Topik ringan berdasarkan trend
  • Pembahasan untuk memuaskan pembaca
  • Format artikel lebih bebas dan dinamis
  • Sangat pragmatis (lebih seputar tips, trik, dan hal yang aplikatif)
  • Penulisannya santai dengan bahasa yang informatif

4. Artikel SEO

Jenis artikel yang selanjutnya adalah artikel SEO (Search Engine Optimization). Artikel ini cenderung lebih taat pada teknis penulisan berdasarkan standar crawling mesin pencarian.

Artikel ini memiliki tujuan utama untuk menjadikan sebuah website tampil di halaman pertama mesin pencarian.

Maka dari itu, ciri-ciri artikel SEO Friendly sangat update. Hal tersebut disesuaikan dengan aturan algoritma mesin pencarian, terutama Google Search Engine.

Artikel SEO secara etika karya tulis, harus berdasarkan sebuah fakta empiris. Sehingga pembaca tidak tertipu dan lebih teredukasi oleh hal tersebut.

Artinya, kalaupun artikel tersebut dibuat untuk kepentingan bisnis, maka tetap harus ada unsur standar penulis artikel yang ditulis dengan data yang benar.

Memang sih, secara tujuan artikel bisa dibedakan menjadi empat jenis di atas. Namun ada jenis-jenis artikel lain bila didasarkan pada ketogi yang lain, seperti:

  1. Artikel deskriptif
  2. Artikel naratif
  3. Artikel eksposisis
  4. Artikel tutorial
  5. Dan masih banyak lagi

Jenis artikel sangatlah banyak. Apalagi jika ditinjau dari segi penulisan dan format artikelnya. Semua jenis tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda dengan tujuan penulisan yang berbeda-beda pula.

Cara Menulis Artikel Yang Baik Untuk Pasang Iklan

Cara Menulis Artikel Yang Baik Untuk Pasang Iklan
Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Jika Kalian ingin bisa menulis artikel untuk pasang iklan agar iklan anda bisa menduduki halaman pertama di mesin pencari seperti google dan dapat dengan mudah di temukan oleh calon konsumen, maka perlu memahami bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar. Apalagi jika kalian adalah penulis pemula.

Permasalahan yang sering muncul dalam proses belajar menulis adalah rasa malas dan penat.

Dengan melawan rasa tersebut, dijamin kalian akan lebih mudah menulis artikel. Entah itu artikel ilmiah maupun populer.

Namun pada pembahasan kali ini, kami akan mengulas beberapa trik cara menulis artikel bagi Kalian yang masih pemula di beberapa platform.

1. Cara Menulis Artikel Opini dan Populer

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, jenis artikel ini bisa dilakukan oleh semua orang. Sehingga Kalian tidak perlu takut untuk memulai.

Pada dasarnya, cara menulis artikel opini sangatlah mudah, yakni: “Tulislah apa yang Kalian ketahui.”

Dengan prinsip tersebut, maka Kalian akan lebih bebas mengekspresikan diksi ke dalam sebuah karya. Jika kalian ingin semua media atau platform pembantu, maka bisa memilih beberapa website berikut:

a)  Kompasiana

Platform paling populer untuk melatih Kalian menulis artikel populer dan opini adalah Kompasiana.

Cara menulis artikel di kompasiana mudah banget kok! Kompasiana menerima hampir semua topik artikel populer. Sehingga kalian tidak perlu ragu untuk mendaftar dan coba submit artikel ke dalamnya.

Kalian bisa daftar secara gratis dan mulai menghasilkan uang. Caranya, buatlah artikel yang bagus dan dapatkan pembaca yang banyak. Viewer artikel tersebut bisa Kalian jadikan poin untuk ditukar jadi uang. Contoh artikel di kompasiana bisa cek artikel berikui ini Tips Memilih Jasa sablon Berkualitas

b) Kumparan

Salah satu situs pendidikan yang populer adalah Kumparan. Ternyata, cara menulis artikel di kumparan ini mudah lho!

Tapi syaratnya, Artikel kalian harus bagus dan benar-benar informatif. Selain itu, juga harus enak dibaca.

Bisa dikatakan, tidak semua artikel diterima oleh redaksi kumparan. Apalagi jika artikel Kalian tidak enak dibaca. Bahkan keputusan tersebut adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Bagi Kalian yang sudah merasa Profesional dalam tulis menulis, boleh lah coba menulis di Kumparan!

c) Pewarta Indonesia

Jika kalian ingin fokus mengerti cara menulis artikel tips dan trik, maka Pewarta Indonesia adalah solusinya.

Di dalam platform tersebut, Kalian bisa membaca ragam artikel dengan gaya listicle.

Cocok banget bagi kalian yang suka bagi-bagi informasi, pengalaman, ataupun ragam hal yang berhubungan dengan lifestyle atau kategori tulisan lain.

Cara menulis artikel di perwarta indonesia ternyata gampang banget. Kalian bisa baca pedomannya disini 20+ Jenis Tinta Sablon Paling Populer.

d) Babe News

Jika Kalian ingin menulis dan dibayar, bisa coba platform Babe News.

Sesuai dengan namanya, topik spesifik artikel yang bisa Kalian tulis disini adalah artikel berita.

Meskipun demikian, ada banyak ko kategori tulisan lain yang bisa kalian submit. Selain bisa nampangin nama di Babe, kalian juga bisa dapat cairan uang setiap bulan.

Cara menulis artikel di Babe juga tidak sulit. Kalian hanya perlu mendaftar dan buat akun baru. Setelah itu, submit artikel kalian dan tunggu proses konfirmasi.

e) Rekomendasi Media Lainnya

Jika kalian tidak tertarik dengan beberapa platform di atas, maka kami masih memiliki rekomendasi lainnya. Diantaranya adalah:

Rekomendasi website yang bisa kalian gunakan untuk belajar cara menulis artikel yg baik ada banyak sekali. Ada yang pasti diterima (approve), ada yang masuk dulu ke meja redaksi untuk diseleksi.

Intinya, mempelajari cara menulis artikel yang baik dan benar tidaklah sulit. Banyak sekali ragam platform dan tools yang bisa membantu kalian. Semua bisa didapatkan secara cuma-cuma.

2. Cara Menulis Artikel Ilmiah

Pembahasan yang selanjutnya adalah cara menulis artikel ilmiah. Perlu Kalian ketahui, jenis artikel ini tidak bisa dipublikasikan secara sembarangan.

Kalian perlu memiliki almamater atau instansi akademik maupun research sehingga ada proses validasi isi dan konstruk artikel.

Maka dari itu, tidak mudah bagi seorang pemula untuk menulis artikel ilmiah.

Cara menulis artikel ilmiah paling gampang adalah menerapkan langkah strategi di bawah ini:

  • Pahami sistematika standar artikel ilmiah
  • Gunakan gaya bahasa yang akademis
  • Cari dan pelajari contoh artikel ilmiah yang sudah approve
  • Sering-sering berkonsultasi pada pembimbing
  • Tulislah bersama partner akademik

Sekali lagi kai tegaskan, tidak semua orang bisa menulis artikel ilmiah. Ragam sistematika dan aturan penulisannya sangat ketat. Bahkan jika kalian sedikit saja melakukan kesalahan format artikel, maka akibatnya adalah ditolak (rejected).

Maka dari itu, ketika Kalian hendak menulis artikel ilmiah, pastikan memperhatikan tema, kerangka, judul, gagasan, pembukaan, isi, penutup, dan gaya penulisan. Jika hal-hal tersebut tidak sesuai, maka kalian tidak akan berhasil membuat artikel ilmiah.

3. Cara Menulis Artikel SEO

Jika Kalian ingin menulis artikel SEO, maka pastikan tahu ragam istilahnya, mulai dari:

  • Search intent
  • Keyword density
  • Meta title dan description
  • Link internal dan eksternal
  • Sub heading
  • Long tail keyword
  • Latent semantic indexing

Beberapa istilah tersebut menghiasi artikel SEO. Jika Kalian enggan mempelajari hal-hal di atas, maka mustahil Kalian bisa membuat artikel SEO yang baik dan kompetitif.

Tujuan dari penulisan artikel SEO adalah mendapatkan rank page yang teratas.

Sehingga, apapun caranya, semua aturan teknis penulis artikel SEO harus dilakukan. Apalagi jika website yang kalian isi masih memiliki kekuatan Offpage yang masih kurang.

Namun agar lebih mudahnya, kami akan rangkum tutorial cara menulis artikel SEO di bawah ini:

  1. Lakukan riset keyword dengan kata kunci tertarget
  2. Jawab kebutuhan dari keyword yang kalian target di dalam artikel
  3. Lakukan secara unik dengan penjelasan yang mudah dipahami
  4. Fokus, detail, dan intensif
  5. Jangan memanjangkan kalimat, paragraf, ataupun frasa agar terlihat keren (bisa membuat pembaca sulit memahami artikel, akhirnya search intent tidak terpenuhi).
  6. Perhatikan link internal dan eksternal
  7. Jangan gunakan kalimat yang bertele-tele

Beberapa tips menulis artikel di atas, bisa kalian terapkan pelan-pelan. Memang sih, menulis artikel SEO tidak semudah yang kalian bayangkan.

Meskipun jenis artikel ini menggunakan bahasa yang santai, tidak akademik, dan cenderung ramah pada pembaca, namun tetap ada teksnisnya.

Sehingga jika dilakukan dengan sembarangan, maka artikel tersebut tidak akan kompetitif di Search Engine Result Page (SERP).

Struktur Penulisan Artikel

Struktur Penulisan Artikel

Satu hal yang penting banget untuk diperhatikan ketika ingin membuat artikel adalah struktur penulisan artikel. Tidak hanya artikel ilmiah ataupun jurnal yang memiliki skema atau struktur, akan tetapi semua artikel memiliki strukturnya masing-masing.

Nah, alangkah baiknya kita ulas satu per satu bagaimana struktur penulisan artikel yang benar.

1. Struktur Artikel Ilmiah

Kita ulas struktur jenis artikel yang pertama, yakni artikel ilmiah. Secara sederhana, artikel ilmiah memiliki 10 bagian utama yang harus ditulis secara terstruktur, yakni:

  • Judul artikel ilmiah: Maksimal 20-25 kata
  • Penulis (author),: Nama dan instansi
  • Abstrak: Garis besar apa isi sebuah artikel
  • Kata kunci: topik utama pembahasan artikel
  • Pendahuluan: pembukaan dan latar belakang
  • Metode: Teknik apa yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data
  • Hasil: apa yang didapat dari pembahasan dalam artikel tersebut
  • Pembahasan: ulasan intensif dari sudut pandang penulis
  • Simpulan: Apa yang bisa ditarik sebagai benang merah pembahasan
  • Daftar pustaka: sumber ilmiah yang digunakan untuk menulis artikel

Beberapa struktur penulisan artikel ilmiah di atas wajib dan mau tidak mau harus ada. Jika tidak, maka artikel Kalian tidak bisa dikatakan sebagai artikel ilmiah.

2. Struktur Penulisan Artikel Populer atau Opini

Berbeda dengan artikel populer yang sangat sistematis, artikel populer sangat dinamis.

Kalian bisa menyesuaikan kebutuhan. Jika dikira perlu tambahan data, maka bisa dimasukkan Jika tidak ada, juga tidak masalah.

Cara menulis artikel populer atau opini bisa disesuaikan dengan keinginan.

Intinya, harus memuat bagian pembuka, isi, dan penutup. Meskipun demikian, alangkah baiknya, sebuah artikel populer memiliki skema penulisan seperti di bawah ini:

  • Judul: Bebas dan mudah dipahami
  • Nama Penulis: Bebas, bisa nama asli dan nama pena
  • Bagian pendahuluan: latar belakang, permasalahan, dan pemaparan data awal
  • Isi atau pembahasan: bagian inti tempat kalian melakukan pembahasan
  • Bagian penutup: Kesimpulan dan saran ataupun hal lain yang perlu kalian sampaikan

Meskipun ada standar format penulisan, namun hal-hal di atas tidaklah wajib Kalian lakukan Tetap sesuaikan dengan kebutuhan dari artikel yang ingin Kalian buat.

3. Format Penulisan Artikel SEO

Boleh dikatakan, struktur artikel SEO itu tidak ada. Artinya, tidak adalah aturan pasti dan yang patut dibenarkan atau disalahkan dari format artikel SEO.

Setiap penulis SEO tentu saja memiliki pengalaman masing-masing-masing. Sehingga bentuk ataupun kerangka kepenulisan bisa berbeda.

Namun, dari semua artikel SEO yang pernah ditemui, hanya ada dua kategori besar. Yakni: artikel deskripsi dan artikel listicle.

a) Struktur Artikel SEO Deskripsi

Singkatnya, format artikel deskripsi memiliki subheading minimal 3. Artinya, ada sub-sub heading dari sebuah artikel.

  1. Judul
  2. Sub Heading
  3. Sub-Sub Heading

Di setiap heading tersebut ada kalimat minimal 1 paragraf yang disampaikan secaar informatif dan mudah dipahami.

b) Struktur Artikel SEO Listicle

Berbeda dengan deskripsi, artikel listicle memiliki subheading 2 saja, yakni:

  1. Heading (judul)
  2. Sub heading (memuat angka)

Artinya, listicle lebih cocok digunakan untuk menulis artikel yang berisi beberapa hal atau penyebutan variasi. Contoh artikel listicle adalah; 5 Cara Menulis Daftar Pustaka , 7 Hp Oppo Terbaru Paling Populer, dan sejenisnya.

Nah itulah beberapa format artikel SEO yang bisa kalian coba terapkan. Jika Kalian menerapkan cara menulis artikel SEO di atas, dijamin akan sangat gampang.

Contoh Artikel Dan Referensinya

Contoh artikel

Kami tidak akan memberikan contoh artikel secara langsung pada pembahasan ini.

Sebab, nanti bisa menjadi membosankan. Maka dari itu, ada beberapa contoh artikel yang bisa Kalian jadikan referensi sesuai dengan kategori yang kami sebutkan sebelumnya.

Contoh Artikel Opini

Ada banyak sekali rekomendasi website yang memiliki artikel opini. Namun, jika kalian ingin mendapatkan contoh artikel opini yang benar-benar ril opini, bisa mengunjungi logikami.id.

Selain itu, website-website seperti mojok.co, remotivi.com, ataupun opini.id adalah beberapa contoh website opini yang bisa kalian coba lihat.

1. Contoh Artikel Populer

Jika kalian ingin contoh artikel populer, jangan bingung!

Banyak banget referensi artikel ini di internet. Jika kalian ingin lebih banyak referensi, bisa langsung ketik keyword di Google, “Contoh artikel populer”.

Maka akan ada banyak sekali referensi. Sebab, hampir semua artikel di internet adalah contoh artikel populer untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan trend di masa kini.

2. Contoh Artikel Ilmiah

Kalian ingin contoh artikel ilmiah, bisa coba mencari di website ini:

  • Artikel Ilmiah Indonesia: Neliti.com
  • Artikel Ilmiah Inggris: ResearchGate.net

Dua platform tersebut bisa kalian gunakan untuk mendapatkan contoh artikel ilmiah dalam jurnal ataupun prosiding secara gratis.

3. Contoh Artikel Bisnis

Di dalam website iklankita.id, ada banyak artikel bisnis yang berfungsi untuk branding dan pemberian rekomendasi.

  • Kalian bisa baca disini untuk membaca artikel tentang bisnis populer
  • Atau tentang bisnis cincin nikah pada artikel tentang ini cincin jogja

Untuk lebih lengkap, kalian bisa langsung iklankita.id untuk mendapatkan contoh artikel tentang bisnis.

4. Contoh Artikel SEO

Pada dasarnya, hampir setiap artikel di Internet yang page one, pasti memiliki struktur yang sesuai dengan kaidah teknis SEO.

Namun, jika kalian ingin belajar lebih spesifik untuk melihat contoh artikel SEO, bisa lihat pada link ini

Semua artikel yang ada di halaman tersebut adalah contoh artikel SEO yang sudah teroptimasi dan friendly sesuai dengan keinginan algoritma terbaru dari Search engine.

Tips Menulis Artikel Menarik

Masuk ke pembahasan yang terakhir, inilah tips menulis artikel agar menarik untuk dibaca.

Sekuat apapun kalian menulis artikel panjang, hal tersebut sangatlah pecuma jika tidak ada yang tertarik membacanya. Benar ndak?

Maka dari itu, kalian harus paham bagaimana cara menulis artikel yang menarik. Sehingga, pembaca bisa betah dan tidak bosan dengan susunan kata yang Kalian pilih.

1. Jelas, Padat, Tidak Bertele-tele

Ingat, tujuan seseorang membaca artikel adalah untuk memahami isinya.

Artinya, sebuah artikel dibaca bukan untuk kata atau kalimat yang ada di dalamnya. Akan tetapi, maksud ataupun isi yang disampaikan oleh artikel tersebut.

Maka dari itu, cara menulis artikel menarik yang paling mudah adalah, tulislah secara simpel, padat, tidak berbelit-belit.

Letakkan kalimat yang sesuai dan natural. Jangan memaksakan kata yang bahkan membuat makna kalimat menjadi rancu.

2. Judul yang Menarik

Tips menulis artikel selanjutnya adalah memperhatikan judul.

Ibarat kata, ‘judul adalah mata panah artikel kita’.

Jika judul artikel Kalian tidak menarik, maka mustahil seseorang akan tertarik pada artikel kalian.

Meskipun demikian, hindari kalimat-kalimat yang terlalu energik, seperti, “Wow!, Masyaallah! Ya Tuhan! Ternyata selama ini!” dan sejenisnya.

Kalian bisa deh coba menerapkan tips membuat judul menarik di bawah ini:

  • Maksimal 10 kata saja (untuk artikel populer, opini) 20 kata untuk artikel ilmiah
  • Informatif, artinya jelas menggambarkan apa isi artikel
  • Singkat dan padat
  • Unik (bedakan dengan judul familiar dari topik artikel tersebut)
  • Kolaborasikan dengan angka di awal judul
  • Jangan pakai istilah yang sulit dipahami

Jika kalian melakukan hal-hal di atas, dijamin judul artikel yang kalian buat pasti akan sangat menarik. Setelah itu, baru kalian bisa memperhatikan struktur penulis artikel di dalamnya.

3. Sesuaikan Bahasa dengan Target Pembaca

Tips selanjutnya adalah memperhatikan bahasa. Langkah menulis artikel yang perlu kalian lakukan selanjutnya adalah menyesuaikan gaya bahasa.

Setiap umur pembaca tentu memiliki model atau gaya bahasa masing-masing.

Maka dari itu, Kalian perlu menyesuaikan. Jika kalian ingin membuat artikel ilmiah, maka sesuaikan dengan bahasa para akademisi.

Berbeda jika ingin membuat artikel tentang ‘cara bikin nasi liwet’, maka sesuaikan bahasa Kalian seperti para pemuda ataupun anak kecil.

4. Tulislah Topik yang Unik

Topik atau jauk yang orisinal adalah busur yang paling tepat untuk menarik pembaca Kalian.

Walaupun Kalian menggunakan topik yang sama, pastikan ada satu gagasan menarik dari artikel tersebut yang membedakan dengan artikel lainnya.

Variasi topik ini bisa kalian dapatkan secara unik jika Kalian berpikir secara intensif.

Buatlah artikel yang tidak hanya jadi, akan tetapi juga berarti.

Unik tidak berarti harus beda di semua aspek. Keunikan ini bisa Kalian ambil di satu atau dua sisi atau perspektif dari isi di dalam artikel yang Kalian buat.

5. Coba Minta Seseorang untuk Review

Cara menulis artikel yang menarik yang terakhir adalah melakukan pembenahan atau revisi.

Kalian perlu mengingat, artikel yang dibaca oleh orang lain, akan terlihat mana kesalahan dan kalimat yang kurang enak dibaca. Sehingga, hal tersebut perlu kalian lakukan.

Jika tidak, Kalian bisa menerapkan tips-tips berikut:

  • Buat dengan berdasarkan variasi contoh artikel
  • Periksa tipografi yang ada dengan tools gratis
  • Baca berulang kali artikel yang sudah Kalian buat
  • Lantangkan suara kalian (sehingga telinga kalian bisa menilai)
  • Lakukan penyesuaian kata di beberapa bagian

Semakin baik kalian mengedit artikel yang Kalian buat, maka semakin menarik pula hasil artikel yang terbentuk.

Penutup dan kesimpulan tentang Contoh Cara Menulis Artikel untuk pasang iklan ialah

Itulah penjelasan intensif bagaimana cara menulis artikel untuk pemula, ciri-ciri, dan contoh artikel yang bisa kalian jadikan bahan referensi. Setelah tahu teorinya, sekarang waktunya Kalian take action. Mustahil Kalian bisa buat artikel jika tidak memulainya dari sekarang!

Nah setelah memahami cara menulis artikel di atas kini kamu bisa mencoba untuk Pasang Iklan baris Gratis di sini, Klik tombol di bawah ini untuk memulai pasang iklan dan kirim artikel tulisanmu.


Penting!

Artikel ini di tulis manual hasil karya team iklankita.id dan memiliki hak cipta. Dilarang keras mengedit, menjiplak dan mempublikasikan tanpa seijin iklankita.id dan wajib menyertakan link sumber "https://www.iklankita.id/2021/07/contoh-cara-menulis-artikel.html"

0Komentar

Punya Kritik, Saran, Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Sebelumnya Selanjutnya
Kerjasama!!!
PROMO SHOPEE