Sangat banyak pengguna gadget yang mengeluhkan masalah pengisian daya yang lambat di perangkat Android mereka. Dan itu cukup jelas terutama pada ponsel yang tidak mendukung pengisian cepat. Jika Anda juga lelah menjaga ponsel Anda dicharger  sepanjang hari, jangan khawatir, kami mendukung Anda. 

Cara Mengatasi Baterai Hp Yang Lama Dan Tidak Bisa Penuh

9 Cara Mengatasi Baterai HP Lama Terisi (Penuh)

Anda harus tahu penyebab ponsel pengisian lambat bisa jadi karena efek dari tiga penyebab umum. Pertama, disebabkan oleh telepon, kedua, kondisi charger pengisi daya, yang ketiga karena faktor pengguna. 

Ada Beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah pengisian daya yang lambat di Android Anda yaitu :

1. Hindari Menggunakan Telepon Saat Mengisi Daya

Menggunakan ponsel saat mengisi daya dapat menghambat arus pengisian baterai ponsel. Konsumsi daya paralel ini mengurangi arus baterai Anda yang sedang diisi dayanya, sehingga menurunkan kecepatan pengisian daya secara keseluruhan.


Selain itu, panas berlebih dari layar ponsel dan prosesor dapat menyebabkan baterai cepat rusak atau berdampak pada masa pakai yang singkat dari batas normalnya. Oleh karena itu, lebih baik anda tidak menggunakan ponsel selama pengisian daya.

2. Matikan Fitur Konektivitas.

Fitur konektivitas seperti Bluetooth, GPS, WiFi, dan NFC menggunakan perangkat keras –khususnya CPU- yang ada pada ponsel Anda untuk bekerja. Hal ini menyebabkan peningkatan konsumsi baterai dan mengurangi laju pengisian daya bersih pada ponsel anda.
 
Ada baiknya untuk matikan semua fitur konektivitas yang tidak diperlukan, termasuk data seluler, saat sedang mengisi daya ponsel Anda untuk mempercepat proses pengisian daya.
Baca Juga: Habis Baterai HP Tidak Bisa Dicas

3. Aktifkan Mode Pesawat

Selain mematikan fitur konektivitas, Anda juga dapat memilih untuk mengaktifkan mode pesawat terbang. Agar  ponsel Anda berhenti dari berkomunikasi dengan sinyal seluler, dan Anda tidak akan dapat mengirim atau menerima panggilan atau pesan teks.
 
Selain itu, mode ini akan menonaktifkan data seluler yang berarti Anda tidak akan menerima notifikasi lagi. Jadi, jika Anda memiliki waktu yang sangat terbatas untuk mengisi daya ponsel,anda dapat menggunakan cara ini untuk memaksimalkan kecepatan pengisian daya hp.

4. Gunakan Mode Hemat Baterai

Hampir setiap ponsel Android terbaru sudahdilengkapi dengan mode hemat baterai bawaan yang dapat membantu untuk menghemat konsumsi daya pada ponsel. Namun jika diponsel anda belum disematkan fitur tersebut, maka anda dapat mengunduh aplikasinya di Playstore.

5. Periksa Kabel charger Anda

Alasan nomor satu smartphone  atau Android Anda mengisi daya lambat adalah karena kabel yang buruk. Jika kecepatan pengisian daya ponsel Anda turun secara signifikan dalam beberapa hari terakhir, alasannya bisa jadikabel USB yang rusak. Umumnya, kabel ini cenderung kehilangan efisiensi dari waktu ke waktu dan dapat rusak setiap saat tanpa menunjukkan tanda-tanda kerusakan.
 
Jadi, cobalah mengganti kabel charger dengan kabel lain dan lihat apakah itu penyebab sebenarnya. disarankan untuk selalu menggunakan kabel pengisian daya asli ponsel atau membeli kabel pengisian kualitas yang baik yang tidak merusak ponsel atau adaptor Anda.

pilihlah kabel carger  yang memiliki kapasitas yang lebih tinggi dan kompatibel –cocok- dengan peringkat output adaptor pengisian Daya ponsel Anda. Jika ponsel Anda mendukung pengisian cepat, pastikan kabel mendukung mode pengisian daya cepat.

6. Hindari Pengisian Daya dari Laptop atau PC

Pernah bertanya-tanya mengapa ponsel Anda mengisi daya begitu lambat ketika dihubungkan ke PC atau Laptop? Yah, itu karena laptop atau PC tersebut hanya untuk transfer data dan tidak mampu memasok arus listrik yang cukup yang diperlukan untuk pengisian cepat.Salah satu contoh nyata dalam penggunaan laptop atau PC untuk mengisi daya ponsel, adalah Fast Charger tidak berfungsi.

Misalnya, port USB 2.0  pada komputer hanya dapat mengeluarkan maksimum 0,5A sementara port USB 3.0 dapat memberikan tingkat pengisian daya puncak 0,9A, yang jauh sangat rendah dari standardaya charger pasaran saat ini.

7. Perbarui Perangkat Lunak Ponsel Anda

Jika anda baru saja memperbaharui software sistem operasi android sobat, Pembaruan perangkat lunak tersebut mungkin telah mengubah kecepatan pengisian daya ponsel atau kinerja baterai menjadi lambat. Jika demikian, maka lakukan install ulang pembaharuan tersebut.

Selain itu, Anda dapat mencoba menurunkan operasi sistem  ke versi sebelumnya baik secara manual atau dengan membawa ponsel Anda ke pusat layanan resmi ponsel android sobat.

8. Ganti baterainya.

Baterai lithium-ion cenderung kehilangan efisiensi dalam jangka panjang. Hal ini juga dapat disebabkan oleh mengikuti praktik pengisian yang tidak sehat. Jadi, jika ponsel Anda tidak mengisi daya cepat seperti sebelumnya, periksakan ponsel anda di pusat layanan resmi merek dan minta penggantian baterai.
 
Biasanya, penggantian baterai dilakukan secara gratis dipusat layanan service resmijika ditemukan cacat dalam masa garansi.

9. Colokan atau lubang cas pada hp Berdebu dan kotor

Penggunaan ponsel diaera yang berdebu dapat menyebabkan penyumbatan pada konektor charger sehingga dapat menghambat pengisian daya Anda, untungnya ada perbaikan mudah yang bisa anda lakukan. Cukup ambil tusuk gigi atau pin dan bersihkan dengan lembutpuing-puing debu di konektor sampai bersih.
 
Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi pengisian daya yang lambat pada ponsel Android. Kunjungi Ponselku.id untuk mengetahui berbagai cara mengatasi masalah ponsel Anda secara lengkap.

0Komentar

Punya Kritik, Saran, Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Sebelumnya Selanjutnya
Kerjasama!!!