Iklankita.id - Saat ini laptop sudah menjadi kebutuhan wajib setiap orang. Baik untuk kebutuhan kuliah, sekolah, kerja, atau bahkan sekadar bermain game. Tentunya memiliki laptop dengan kinerja lambat akan merepotkan. Jadi pastikan Anda mengetahui cara agar laptop tidak lemot.

Cara agar laptop tidak lemot saat dinyalakan sebenarnya cukup mudah. Jadi Anda tidak perlu repot-repot membawanya ke servis terlebih dahulu. Pada pembahasan kali ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara agar laptop tidak lemot windows 8 sampai 10 tanpa ribet.

5 Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot - Simak Tips Mudahnya Berikut!

Berikut adalah beberapa cara agar laptop tidak lemot windows 10 ataupun windows 7 dan 8 yang bisa Anda terapkan:

1. Bersihkan Sampah dan Cache Aplikasi

Ibarat ruang yang sudah terisi penuh dengan sampah, tentu akan nampak sesak dan susah ditempati isi yang lain. Hal ini juga sama dengan laptop Anda. Semakin banyak sampah dan cache aplikasi, tentu akan memperlambat kerja dari sistem dan berujung membuat lemot.

Berikut adalah cara membersihkan sampah laptop dengan mudah:

  1. Pergi ke menu desktop
  2. Kemudian pilih recycle bin. Anda juga bisa menemukan shortcutnya di tampilan desktop laptop
  3. Kemudian klik kanan recycle bin
  4. Lalu klik empty recycle bin

Namun nyatanya, membersihksan sampah file tidak cukup. Sebenarnya laptop Anda juga masih menyimpan data sementara atau cache. Sebenarnya fungsi cache sangat baik, namun jika terlalu besar juga bisa membuat laptop Anda lemot.

Cara membersihkan laptop ini juga populer di tiktok. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Klik windows+r pada keyboard Anda secara bersamaan
  • Kemudian akan muncul kotak run, lalu ketikkan temp
  • Kemudian klik enter
  • Lalu hapus semua file yang muncul pada folder temp tersebut
  • Setelah itu, klik kembali windowns+r
  • Kemudian ketikkan %temp%
  • Setelah itu, hapus seluruh file yang ada pada folder tersebut
  • Selesai! Anda sudah menghapus seluruh cache yang tersimpan pada laptop Anda

2. Matikan Program yang Tidak Diperlukan

Kinerja laptop Anda akan semakin melambat jika Anda membuka banyak aplikasi. Jadi pastikan untuk selalu mematikan program yang tidak diperlukan. Selain mematikan dengan cara meng-close aplikasi, Anda juga bisa mematikan berbagai program melalui cara lebih akurat berikut ini:

  • Klik ctrl+alt+delete pada keyboard Anda
  • Kemudian klik task manager
  • Lalu pilih program atau aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan
  • Kemudian klik kanan program tersebut
  • Lalu pilih end task
  • Lakukan pada program dan aplikasi lainnya yang Anda merasa tidak perlu dan terlalu banyak mengurs memori

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Semakin banyak aplikasi yang “bersarang” pada laptop Anda, tentu bisa membuat local disk C penuh dan lambat dalam membaca hard disk. Jika dibiarkan, akan membuat kinerja sistem melambat. Maka dari itu, pastikan And rajin uninstall berbagai aplikasi yang tidak diperlukan.

Berikut adalah cara agar laptop tidak lemot dengan uninstall aplikasi:

  • Ketikkan “kontrol panel” pada kotak pencarian di task bar
  • Kemudin pilih program, lalu klik program dan fitur
  • Kemudian cari program atau aplikasi yang akan Anda hapus
  • Lalu klik kanan, dan pilih hapus installan
  • Ikuti petunjuk di layar sampai proses uninstall selesai

4. Menggunakan Aplikasi Sesuai dengan Kapasitas Laptop

Cara agar laptop tidak lemot saat membuka aplikasi adalah dengan menggunakan aplikasi yang sesuai ‘kadar laptop’ Anda. Hal ini karena beberapa laptop memang hanya bisa untuk kegiatan Microsoft office sehari-hari atau ada yang memang untuk spesialis editing grafis bahkan gaming.

Jika Anda memaksakan laptop Anda untuk hal-hal yang melebihi kapasitas laptop, seperti bermain game dengan grafis berat ditambah memutar musik, tentu akan membuat laptop lemot. Hal ini tentu membuat Anda tidak nyaman dalam mengoperasikan laptop.

Selain itu, spesifikasi laptop terbagi menjadi 2 bit, yaitu 32 dan 64 bit. Jika laptop Anda 32 bit, maka pastikan install aplikasi yang 32 bit pula. Jangan memaksakan menggunakan yang 64 bit agar tidak membuat laptop error atau lemot.

5. Reset Ulang Windows

Cara agar laptop tidak lemot lagi secara anti ribet adalah dengan riset ulang windows Anda. Dengan begini, kinerja laptop akan kembali ke default dan bisa lebih cepat daripada sebelumnya.

Namun yang harus Anda ingat bahwa dengan reset ulang windows, seluruh aplikasi dan data laptop Anda yang tersimpan pada local disk C akan terhapus. Jadi jika ingin install ulang, pastikan untuk mencadangkan data-data penting terlebih dahulu.

Tambahan Tips Bagi Seorang Gamers

Bagi Anda seorang gamer, pastinya membutuhkan kinerja laptop yang berat. Jadi pastikan memilih spesifikasi laptop yang mumpuni. Namun selain itu, ada beberapa cara agar laptop tidak lemot saat bermain game di antara lain sebagai berikut:

1. Pengaturan atau Tuning Game

Dengan mengatur tuning setting game, maka Anda bisa mendapatkan performa bermain game yang lebih baik lagi. Pastikan mengatur beberapa pengaturan yang tersedia sesuai dengan kapasitas laptop Anda.

Biasanya beberapa pengaturan yang tersedia seperti: Frame Per Second (FPS), Resolution, window mode, Aperture Graphic, dan lain sebagainya. Jika memiliki laptop dengan spesifikasi rendah-menengah, Anda bisa memiiih pengaturan low atau medium untuk performa grafis game.

Meskipun dengan memilih spesifikasi tersebut Anda mendapatkan grafis yang kurang memuaskan, tapi ini tentu harus Anda lakukan agar bisa bermain dengan lancar. Jika Anda tetap memaksakan dengan grafis bagus ataupun HD, justru bisa membuat game menjadi lemot atau bahkan ngelag.

2. Membatasi Waktu Bermain

Semakin lama Anda bermain game atau membuka aplikasi tertentu pada laptop, maka akan membuat suhu hardware khususnya CPU semakin tinggi. Hal ini tentunya bisa menyebabkan kinerja game jadi lemot atau bahkan lag.

Jadi pastikan untuk selalu menyesuaikan jam bermain dengan suhu CPU. Jangan terlalu egois dan terlena bermain game terlalu lama jika tidak ingin laptop justru lag dan rusak. 

Meskipun saat ini beberapa hardware dan motherboard laptop terbaru sudah bisa menjaga suhu CPU dengan baik. Namun jika laptop Anda pas-pasan spesifikasinya, maka jangan abai dengan tips satu ini.

3. Menggunakan Game Booster

Jika Anda ingin install aplikasi tambahan agar bermain game tidak lamban, maka Anda bisa menggunakan game booster. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk mempercepat performa gaming pada laptop.

Hal ini karena pada aplikasi tersebut, terdapat berbagai opsi tuning sistem dan pengaturan secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menutup berbagai program lainnya yang tidak diperlukan sehingga bisa mempercepat performa game Anda.

Saat ini terdapat berbagai aplikasi game booster terbaik gratis yang ada di internet. Di antaranya yaitu: Wise game booster, Razer game booster, geforce experience, gamefire, dan masih banyak lagi.

Penutup

Jadi itu adalah beberapa penjelasan bagaimana cara agar laptop tidak lemot. Bagi Anda para gamer, pastikan pula memperhatikan beberapa tips tambahan yang diberikan. Semoga dengan menerapkan berbagai tips di atas, laptop Anda semakin baik kinerjanya. Selamat mencoba!

Solusi masalah terkait: cara agar laptop tidak lemot, cara agar laptop tidak lemot windows 10, cara agar laptop tidak lemot windows 8, cara agar laptop tidak lemot saat bermain game, cara agar laptop tidak lemot ctrl r, cara agar laptop tidak lemot saat dinyalakan, cara agar laptop tidak lemot tiktok, cara agar laptop tidak lemot saat membuka aplikasi, cara agar laptop tidak lemot temp, cara agar laptop tidak lemot dengan run, cara agar laptop tidak lemot lagi

0Komentar

Punya Kritik, Saran, Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Sebelumnya Selanjutnya
Promo Jual Paket Baju Kue Lebaran 2022
Kerjasama!!!

Form Pasang Iklan

Iklan Cincin Tunangan