Iklan Kita adalah layanan Iklan Gratis - Telah lebih dari 500 pembisnis sukses menjual produk dan jasa dengan memasang iklan di kami. AYO... Daftar dan buat iklan jasa dan produk anda sekarang Juga!!! Dapatkan lebih banyak pelanggan baru untuk bisnis anda. Ayo maju bersama kami IKLANKITA.ID



Halo sobat iklankita. Apakah anda saat ini ingin membuat suatu website dan mencari cara untuk install wordpress via cpanel dari hosting yang telah sobat beli dari layanan hosting wordpress terbaik anda. Lalu bagaimana sih cara membuat website di cpanel berikut ini adalah step membuat website dan cara install wordpress melalui cpanel.

Cara Install Wordpress Di cPanel

Sebelum melanjutkan ke tahapan panduan membuat website via cpanel yuk pahami dahulu beberapa poin dasar tentang apa sih cpanel, kegunaan cpanel dan cara buat cpanel gratis / berbayar. berikut ini penjelasannya: 

#cPanel adalah?

cPanel Hosting adalah panel kontrol yang dipakai untuk mengatur pada service web hosting yang mencakup manajemen file, database, domain, security, software dan komposisi yang lain. Tanpa cPanel, penataan web hosting cuman dapat dilaksanakan lewat perintah text. cPanel mempermudah pemakai untuk lakukan bermacam jenis komposisi lewat penampilan pemakai interface yang memikat dan gampang dioperasionalkan.

cPanel umumnya terpasang pada Dedicated Server atau Virtual Privat Server (VPS) yang memakai mekanisme operasi Linux, FreeBSD, dan semacamnya. Program-aplikasi yang disokong cPanel mencakup Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan e-mail seperti POP3, IMAP, beberapa layanan SMTP.

Dibawah ini adalah tampilan login cPnel wordpress

login cpanel wordpress

#Fungsi Kegunaan cPanel Adalah?

Fungsi Host cPanel pada umumnya untuk memudahkan pengendalian website yang ada pada account hosting.

Kegunaan lain dari cPanel adalah sebagai berikut ini:
  1. Memudahkan proses manajemen web hosting di wordpress
  2. Memudahkan konsumen dalam lakukan seting website atau install wordpress di hosting
  3. Memudahkan pengendalian e-mail
  4. Mengendalikan pengendalian domain seperti pengerjaan subdomain, addon domain dan lain-lain
  5. Mengatur file di web server wordpress
  6. Memudahkan dalam manajemen database website
  7. Mempermudah komposisi yang terkait dengan cPanel domain dan hosting
Setelah anda memahami dasar dari cpnel melalui artikel tutorial cpanel online ini. Langkah selanjutnya adalah daftar cpanel. Lalu bagaimana cara daftar cPanel?

Anda bisa buat cpanel gratis untuk mendapatkan hosting cpanel gratis namun akan sedikit rumit dan memakan waktu atau jika anda ingin lebih mudah dalam mendapatkan server cpanel anda bisa membeli
di layanan hosting terbaik untuk wordpress  untuk mendapatkan cpanel wordpress login.

Untuk cara buat cpanel gratis tidak di bahas dalam artikel ini, jika anda ingin menggunakan cpanel gratisan anda bisa menemukan panduannya di banyak artikel yang dengan mudah dapat anda temukan di google dengan kata kunci "cara buat cpanel gratis"

Pada artikel ini kamiakan membahas cpanel dari layanan web host. Selengkapnya daftar layanan web hosting terbaik di indonesia dan cara membuat website anda bisa membelinya disini: hosting indonesia terbaik

Sesudah anda memiliki cpanel web baik yang anda dapatkan dari cpanel gratis atupun beli hosting dan domain, yang harus kamu lakukan adalah instalasi dan seting web secara benar, dan sebelum install wordpress di cpanel anda perlu melakukan instalasi cpanel ssl terlebih dahulu ya. 

#Instal Sertifikat SSL

Saat sebelum memasang program untuk web, kamu harus memasang sertifikat Secure Soket Layer (SSL) lebih dahulu. SSL berfungsi untuk melindungi website anda, memasang SSL pada awal pengendalian web menolong kamu supaya tak perlu lakukan 2x kerja.

Dalami langkah instalasi sertifikat SSL dari artikel yang dapat anda temukan di google dengan kata kunci : "Tutorial Instalasi SSL". atau anda bisa meminta bantuan kepada support di penyedia layanan hosting yang telah anda beli.

Langkah Instal WordPress 

Selesai memasang sertifikat SSL, sekarang kamu dapat selekasnya memasang cPanel lewat halaman register dari penyedia hosting yang telah anda beli. Tetapi, bila kamu ingin memasang CMS WordPress sendiri melalui cpnel, di bawah ini ialah langkah buat web dengan wordpress:

1. Ketik di browser anda untuk login cPanel, lalu login memakai username dan sandi yang telah anda buat Ex: www.namadomainkamu.com/cpnel (Perhatikan gambar di bawah ini adalah tampilan setalah masuk cpnel)

Langkah Instal WordPress

2. Setelah anda berhasil log in maka anda akan di arahkan ke halaman utama cPanel, gulir ke bawah dan temukan menu “WordPress” lalu klik. 

Panduan Langkah Cara Install Wordpress Via Cpanel Hosting

3. Settelah itu cari : Install Now pada bagian choose installation url pilih https:// - pada site name isi dengan nama website anda ex: Konveksi Sablon Jogja dan isi site desciption dengan keterangan singkat website anda Ex : "Menerima jasa pembuatan kaos dan sablon murah dengan kualitas terbaik" 

Pada Bagian Admin Username isi dengan nama user dan berikutnya buat passwordnya untuk nanti anda log in di worpress anda (Pastikan anda mencatatnya karena pada bagian ini nanti yang akan anda gunakan ketika anda akan masuk ke halaman wordpress)

Langkah berikutnya masukan alamat email untuk menerima pemberitahuan dari wordpress. dan berikutnya pilih bahasa, Sesuaikan bahasa baik bahasa indonesia atau default (bahasa inggris). Selanjutnya biarkan default dan terakhir klik INSTALL

Panduan Langkah Cara Install Wordpress Via Cpanel Hosting

Nah dari sini anda sudah berhasil menginstall wordpress. selanjutnya anda bisa log in untuk merubah atau mengisi konten di worpress untuk web anda.

Penjelasan dari beberapa menu di instal wordpress adalah sebagai berikut:
  1. Choose Protocol: Protocol yang ingin anda pakai, ada http://, http://www., https:// dan https://www. untuk opsi yang terbanyak dipakai silakan tentukan standar http://
  2. Choose Domain: Tentukan domain yang ingin anda pakai untuk meng-install WordPress, bila anda memiliki lebih dari 1 domain dalam 1 hosting makan akan mucul opsi domain yang lain.
  3. Direktori: Bila anda ingin meng-install WordPress pada directory lain, silakan diisi seperti yang anda harapkan misalnya bila isi directory itu bernama "website" karena itu WordPress akan di install dan dijangkau pada namadomainanda.com/website bila cuman ingin meng-install tanpa directory atau pada domain khusus saja, silakan kosongkan pilihan itu
  4. Table Prefix: Tabel yang akan dipakai pada Database (Diamkan saja standar)
  5. Site Name: Nama situs anda
  6. Site Description: Deskripsi situs anda
  7. Enable Multisite (WPMU): Opsi untuk aktifkan multisite pada WordPress anda, pilihan ini umumnya jarang-jarang diaktifkan, maka janganlah di ceklis
  8. Admin Username: username untuk login pada Dasbor WordPress
  9. Admin Sandi: sandi untuk login pada Dasbor WordPress
  10. Admin E-mail: E-mail anda yang akan dipakai untuk keperluan instalasi WordPress, dan biasa dipakai untuk reset sandi bila anda lupa.
  11. Select Language: Opsi bahasa pada WordPress yang ingin anda pakai
  12. Limit Login Attempts: Plugin yang akan diinstall secara automatis pada WordPress yang berperan untuk batasi jumlah usaha login bila anda salah memasukkan username atau sandi
  13. Select Themes: Bila anda ingin meng-install WordPress beserta dengan Theme silakan tentukan theme yang anda harapkan, bila tidak acuhkan saja pilihan itu
  14. E-mail installation detils to: saran e-mail anda bila ingin terima info selengkapnya berkenaan instalasi WordPress yang anda kerjakan
  15. Bila semua sudah usai, cara paling akhir tentukan "Install"
Cukup mudah kan sobat Cara Install Wordpress Via Cpanel Hosting. Sekian artikel cara menginstall worpress dan penjelasan tentang cpanel serta daftar hosting wordpress terbaik di indonesia yang dapat kami rangkum. Semoga bermanfaat.

0Komentar

Sebelumnya Selanjutnya