Iklankita.id – Di era digital sekarang ini jumlah pengguna internet terus menerus bertambah. Mulai dari yang mencari informasi, hiburan, mencari jasa, mencari produk, berbelanja dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari sinilah banyak bermunculan peluang usaha yang memanfaatkan traffic tinggi di internet. Orang yang mau mengikuti perkembangan sudah pasti memiliki banyak keuntungan atas kondisi tersebut. 

Namun bagi pebisnis yang tidak mau update dan follow trend biasanya akan tertinggal bahkan mengalami gulung tikar. Salah satunya adalah dengan membuat website untuk usaha yang Anda jalankan ini akan memberikan banyak sekali manfaat.. 

Bagaimana dengan bisnis yang yang Anda jalankan? 
Sudahkah memiliki website? 
Apa saja manfaat memiliki website bagi bisnis yang Anda jalankan?

Baiklah, kita akan kupas tuntas pada kesempatan kali ini. Karena dengan sebuah website Anda sudah ikut andil dan berusaha menarik banyak pelanggan dari padatnya orang yang berlalu Lalang di internet tersebut. Ada beberapa point penting manfaat yang akan anda dapatkan yang akan saya bahas kali ini.

8 Manfaat Memiliki Website Sendiri Untuk Bisnis


manfaat-website-untuk-bisnis


1. Memperkuat branding melalui internet

Yang pertama adalah dari segi branding. Memperkuat merk dan memperluas pengenalan merk atau usaha yang Anda jalankan. Ketika sebuah usaha sudah memiliki website, mereka akan terlihat lebih professional, mereka terlihat lebih ahli dan mahir dalam menjalankan bisnis tersebut.

Apalagi disini brand Anda akan dilihat banyak orang di internet. Sebuah keuntungan besar untuk memperkuat branding usaha Anda dengan cepat dan secara luas. Seperti yang kita tahu website Anda bisa diakses bahkan dari seluruh penjuru dunia. Dan tentu saja brand usaha Anda akan lebih cepat terkenal dengan membuat website sendiri.

2. Meningkatkan visitor dan calon pelanggan potensial dari internet

Efek lain dari point pertama tentu saja akan menarik lebih banyak visitor dari internet dengan website yang Anda buat. Dengan pemasaran dari internet tentu akan menjangkau lebih banyak orang dan bahkan tanpa batas. Apalagi jika Anda mengutamakan yang namanya SEO atau Search Engine Opitimization. Website dan seluruh isinya akan tampil di hasil pencarian google yang diakses jutaan orang setiap harinya.

Orang yang melakukan akses pencarian di search engine yang paling umum adalah di google. Mereka akan menggunakan keyword pencarian yang benar-benar mereka butuhkan. Dan dari sini website sobat akan ditemukan oleh calon pelanggan yang tepat. Dalam artian mereka yang datang adalah orang-orang yang benar-benar membutuhkan produk atau jasa yang Anda jual.

3. Promosi gratis 24 jam nonstop

Hal ini juga akan menghemat biaya promosi, bahkan bisa dibilang promosi secara gratis. Ini sangat menguntungkan, bayangkan saja jika Anda harus membayar iklan online, berapa banyak dan berapa sering biaya yang keluar. Namun dengan membuat website sendiri dan melakukan optimasi dengan baik. Website Anda akan tampil di search engine secara gratis 24 jam dan melakukan promosi secara otomatis.

Apalagi jika Anda masih dalam merintis bisnis dan dengan modal yang terbatas. Cara ini adalah cara yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. Membuat website modalnya tidak terlalu banyak, bahkan untuk harga hosting sudah banyak yang murah dan bahkan bisa menggunakan hosting gratis dari blogger.

4. Memperluas jangkauan bisnis dan pemasaran

Manfaat selanjutnya adalah masalah jangkauan bisnis. Website Anda bisa diakses dari mana saja dan dari jarak yang sangat jauh sekalipun. Kalau Anda memasarkan bisnis Anda dengan cara manual bahkan secara offline, seberapa jauh jangkauan Anda? Dan dengan website Anda bahkan bisa melakukan bisnis secara nasional bahkan secara internasional.

Memperluas jangkauan bisnis tentu akan mampu memperbesar mendapatkan pelanggan dari berbagai wilayah, dan ini bisa Anda lakukan dengan website sendiri dan dengan biaya yang terhitung sangat rendah.

5. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Seorang pelanggan akan lebih percaya dengan bisnis Anda jika Anda memiliki website sendiri. Banyak faktor, yang pertama Anda dinilai sebagai orang yang update teknologi, gaul dan berwawasan secara luas. Yang kedua jika Anda memiliki website professional, pelanggan akan yakin bahwa bisnis Anda dikelola dengan baik.

Apalagi jika website Anda tampil di halaman utama pencarian google, sudah pasti visitor yang masuk atau berkunjung akan sangat percaya dengan kredibilitas bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut. Selain itu juga jika berhasil tampil di halaman pertama pencarian google misalkan, bisnis Anda akan menjadi populer di mata banyak orang.

6. Mempermudah update informasi

Selanjutnya adalah dalam hal update informasi. Anda bisa melakukan update informasi terbaru setiap harinya secara gratis dan mudah di website Anda sendiri. Dan semakin rutin dan terjadwal Anda melakukan sebuah update info terbaru atau promo terbaru maka akan semakin bagus rating dan kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis Anda.

Update rutin ini sangat penting. Misalkan saja sobat berkunjung pada website yang tidak pernah update pasti akan banyak penilaian negatif, apa usaha tersebut dinilai tidak jalan, apa usaha tersebut sudah bangkrut dan yang lainnya. Namun kalau update secara rutin menandakan bahwa bisnis tersebut terus eksis dan dikelola dengan baik.

7. Meningkatkan omset atau penghasilan

Tentu saja dari beberapa point diatas akan mampu meningkatkan omset bagi bisnis atau usaha yang sedang Anda jalankan. Dengan adanya lebih banyak orang yang mengenal bisnis Anda, dengan adanya peningkatan pengunjung, kemungkinan untuk pembeli juga akan mengalami peningkatan.

Omset atau penghasilan adalah nyawa bagi sebuah usaha yang sedang berjalan dan dengan membuat website bisa menentukan kenaikan omset atau penghasilan tersebut.

8. Mendukung kesuksesan besar jangka panjang

Manfaat website untuk bisnis yang ke 8 adalah mendukung kesuksesan besar jangka panjang. Perlu Anda ketahui sebuah website semakin lama aktif dan dikelola dengan baik, maka akan meningkatkan authority dan juga kepercayaan kepada pengunjung. Sebuah website semakin tua akan semakin mampu memenangkan persaingan di search engine. Dan tentunya semua itu akan mendukung kesuksesan besar bagi bisnis yang Anda jalankan.

8 point diatas bisa menjadi sebuah kabar baik bagi sobat dan juga sekaligus menjadi sebuah tantangan. Kabar baiknya adalah sebuah sarana membesarkan bisnis dengan biaya yang lebih murah dan efektif. Tantangannya adalah persaingan yang tinggi di internet. Karena penambahan jumlah domain website setiap harinya sangat banyak sekali. Dan untuk memenangkan pesaingan di internet tersebut membutuhkan banyak hal, antara lain :

  • Pengetahuan dalam membuat website
  • Kemampuan melakukan branding yang maksimal di dalam website
  • Konsistensi update secara rutin
  • Kemampuan dalam melakukan optimasi SEO
  • Kesabaran dan ketekunan dalam mengembangkan website itu sendiri

Asalkan sobat mau belajar dan berusaha disitulah akan terbuka banyak jalan dan solusi. Untuk mengembangkan bisnis di era digital ini perluaslah wawasan, tingkatkan keahlian dalam digital marketing, sabar dan tekun dalam menjalani prosesnya.

Demikian sobat mengenai manfaat memiliki website sendiri untuk bisnis yang Anda jalankan. Semoga bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan juga semoga sukses selalu untuk Anda.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Bisnis Profesional TERMURAH

0Komentar

Punya Kritik, Saran, Pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar.

Sebelumnya Selanjutnya
Promo Jual Paket Baju Kue Lebaran 2022
Kerjasama!!!

Form Pasang Iklan

Iklan Cincin Tunangan